24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Terkait Permasalahan Walikorong, Warga Marunggai Gelar Rapat Bersama
T

Kategori -

Padang Pariaman,-Ratusan Masyarakat Korong Marunggai laksanakan Muskor ( Musawarah Korong ) yang terdiri dari berbagai unsur seperti Ninik Mamak, Pemuda, Alim Ulama, dan Bundo Kanduang. memadati Masjid Nurul Falah Korong Toboh Marunggai Nagari Sikucua Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman Rabu, 9/9/2020.

Disamping unsur tokoh masyarakat yang hadir, juga dihadiri oleh Wali Nagari Sikucua Barat Rafi’i beserta Seknannya Evereadi alias Pen, Ketua Bamus Junaidi, Babinsa Skucua Barat, serta Tando Zen Wali Korong Toboh Marunggai.

Dalam musyawarah Korong berbagai opsi timbul terkait rencana pemberhentian Wali Korang Toboh Marunggai yang sekarang di Emban Tando Zen.

Tando Zen sebagai Wali Korong dituntut mundur sebagian kalangan Pemuda Korong Toboh Marunggai.

Sembilan tuntutan opsi Mosi tak percaya yang sudah dilaporkan kepada Wali Nagari Sikucua Barat dengan bentuk laporan tertulis yang dilengkapi 89 orang dari berbagai kalangan menandatanggani surat laporan tersebut.

Sebelumnya Walikorong telah melakukan bantahan tertulis terhadap sembilan Tuduhan kepada dirinya.

Bantahan tersebut sudah lakukan musyawarah di korong tersebut bersama masyarakat bahwa hal demikian tidak benar.

Wali korong Marunggai dalam penyampaianya bantahannya terhadap tuduhan masyarakat kepadanya dijabarkan dengan gamblang satu persatu.

“Terkait laporan yang disampaikan masyarakat kepada wali Nagari banyak yang janggal karena sebagian tanda tangan terkesan dibuat sendiri alias dipalsukan”, kata Tando zen saat rapat korong di gelar.

“Setelah diselidiki oleh yang bersangkutan oknum pelaku pergerakan yang menyebabkan lahirnya laporan yang diduga tidak ada penanggung jawabnya itu telah membuat saya merasa difitnah “, cetus nya.

Perasoalan jabatan Walikorong yang saya emban sekarang ini saya siap mundur sepanjang sesuai dengan aturan dan perundang undangan yang berlaku, tetapi tidak dengan cara seperti ini”,tegasnya.

“Pemberhentian dan pengangkatan jabatan Walikorong ada proses dan aturannya hal itu sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 Pada Pasal 53 ayat(1). Untuk berhentinya Perangkat nagari termasuk Walikorong 1. Akibat meninggal dunia, 2.atas permintaan sendiri, 3. Diberhentikan , 4.Telah berusia 60 tahun”,

“Jika memang pemberhentian saya sesuai dengan aturan dan perundang undangan saya siap untuk diberhentikan, Jangankan diminta Mundurpun saya siap”, kata Tandozen Wali korong Marunggai.

“Seandainya saya terbukti melakukan kesalahan dan melanggar aturan tersebut sesuai dengan bukti bukti yang jelas selama menjabat walikorong sekarang juga saya mundur”,

“Jika ada permasalahan terhadap diri saya selama menjabat sebagai wali korong”, bukan sebaiknya kita musyawarahkan ditingkat korong dan nagari melalui musyawarah dan mufakat, tidak dengan cara cara beginian”, tegas Wako lagi.

Wali Nagari Sikucua Barat dalam kesempatan ini memberikan tanggapan dikesempatan pada musyawarah pemberhentian wali korong tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang dilakukan segelintir warga masyarakat korong toboh marunggai.

“Demi menjaga rasa berkampung bernagari harus banyak pertimbangan yang kita lakukan terhadap masalah atau persoalan tersebut. Berdasarkan laporan yang saya terima, saya juga tidak bisa lansung memberhentikan perangkat nagari saya begitu saja, harus melalui prosesur serta perundang undangan yang berlaku, sepanjang laporan tersebut belum cukup bukti, belum bisa kita melakukan tindakan tersebut”, ucap Rafi’i.

“Wali nagari juga menyampaikan agar intropeksi diri sebagai wali korong maupun terhadap pejabat lainnya karena jabatan merupakan amanah buat kita.

Wali Nagari tidak bisa memaksakan diri untuk melakukan hal ini, seharusnya diselesaikan di tingkat korong bersama ninik.mamak, pemuda, melalui musyawarah dan mufakat ditingkat korong, jangan sampai kita menyalahi aturan yang berlaku”, pinta Walinagari.

Dikarenakan hari menjelang senja musyawarah korong dengan agenda rencana pengantian Wali Korong Toboh Marunggai untuk sementara persoalan ini kami genggam dulu”,akhir Rafi’i. (syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.
- Advertisement -

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).
- Advertisement -

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -