27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Terkait Permasalahan Walikorong, Warga Marunggai Gelar Rapat Bersama
T

Kategori -

Padang Pariaman,-Ratusan Masyarakat Korong Marunggai laksanakan Muskor ( Musawarah Korong ) yang terdiri dari berbagai unsur seperti Ninik Mamak, Pemuda, Alim Ulama, dan Bundo Kanduang. memadati Masjid Nurul Falah Korong Toboh Marunggai Nagari Sikucua Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman Rabu, 9/9/2020.

Disamping unsur tokoh masyarakat yang hadir, juga dihadiri oleh Wali Nagari Sikucua Barat Rafi’i beserta Seknannya Evereadi alias Pen, Ketua Bamus Junaidi, Babinsa Skucua Barat, serta Tando Zen Wali Korong Toboh Marunggai.

Dalam musyawarah Korong berbagai opsi timbul terkait rencana pemberhentian Wali Korang Toboh Marunggai yang sekarang di Emban Tando Zen.

Tando Zen sebagai Wali Korong dituntut mundur sebagian kalangan Pemuda Korong Toboh Marunggai.

Sembilan tuntutan opsi Mosi tak percaya yang sudah dilaporkan kepada Wali Nagari Sikucua Barat dengan bentuk laporan tertulis yang dilengkapi 89 orang dari berbagai kalangan menandatanggani surat laporan tersebut.

Sebelumnya Walikorong telah melakukan bantahan tertulis terhadap sembilan Tuduhan kepada dirinya.

Bantahan tersebut sudah lakukan musyawarah di korong tersebut bersama masyarakat bahwa hal demikian tidak benar.

Wali korong Marunggai dalam penyampaianya bantahannya terhadap tuduhan masyarakat kepadanya dijabarkan dengan gamblang satu persatu.

“Terkait laporan yang disampaikan masyarakat kepada wali Nagari banyak yang janggal karena sebagian tanda tangan terkesan dibuat sendiri alias dipalsukan”, kata Tando zen saat rapat korong di gelar.

“Setelah diselidiki oleh yang bersangkutan oknum pelaku pergerakan yang menyebabkan lahirnya laporan yang diduga tidak ada penanggung jawabnya itu telah membuat saya merasa difitnah “, cetus nya.

Perasoalan jabatan Walikorong yang saya emban sekarang ini saya siap mundur sepanjang sesuai dengan aturan dan perundang undangan yang berlaku, tetapi tidak dengan cara seperti ini”,tegasnya.

“Pemberhentian dan pengangkatan jabatan Walikorong ada proses dan aturannya hal itu sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 Pada Pasal 53 ayat(1). Untuk berhentinya Perangkat nagari termasuk Walikorong 1. Akibat meninggal dunia, 2.atas permintaan sendiri, 3. Diberhentikan , 4.Telah berusia 60 tahun”,

“Jika memang pemberhentian saya sesuai dengan aturan dan perundang undangan saya siap untuk diberhentikan, Jangankan diminta Mundurpun saya siap”, kata Tandozen Wali korong Marunggai.

“Seandainya saya terbukti melakukan kesalahan dan melanggar aturan tersebut sesuai dengan bukti bukti yang jelas selama menjabat walikorong sekarang juga saya mundur”,

“Jika ada permasalahan terhadap diri saya selama menjabat sebagai wali korong”, bukan sebaiknya kita musyawarahkan ditingkat korong dan nagari melalui musyawarah dan mufakat, tidak dengan cara cara beginian”, tegas Wako lagi.

Wali Nagari Sikucua Barat dalam kesempatan ini memberikan tanggapan dikesempatan pada musyawarah pemberhentian wali korong tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang dilakukan segelintir warga masyarakat korong toboh marunggai.

“Demi menjaga rasa berkampung bernagari harus banyak pertimbangan yang kita lakukan terhadap masalah atau persoalan tersebut. Berdasarkan laporan yang saya terima, saya juga tidak bisa lansung memberhentikan perangkat nagari saya begitu saja, harus melalui prosesur serta perundang undangan yang berlaku, sepanjang laporan tersebut belum cukup bukti, belum bisa kita melakukan tindakan tersebut”, ucap Rafi’i.

“Wali nagari juga menyampaikan agar intropeksi diri sebagai wali korong maupun terhadap pejabat lainnya karena jabatan merupakan amanah buat kita.

Wali Nagari tidak bisa memaksakan diri untuk melakukan hal ini, seharusnya diselesaikan di tingkat korong bersama ninik.mamak, pemuda, melalui musyawarah dan mufakat ditingkat korong, jangan sampai kita menyalahi aturan yang berlaku”, pinta Walinagari.

Dikarenakan hari menjelang senja musyawarah korong dengan agenda rencana pengantian Wali Korong Toboh Marunggai untuk sementara persoalan ini kami genggam dulu”,akhir Rafi’i. (syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek

Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ory Sativa Sakban terkait dengan laporan kuasa hukum Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Try Suryadi-Taslim, mengatakan , KPU Padang Pariaman menghormati langkah hukum atau langkah konstitusional yang ditempuh oleh Pihak Paslon 02 tersebut.

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat

Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman

Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman nomor urut 1, Suhatri Bur-Rahmang, H. Tambi telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, Edy Zulnaidi, SH, Rabu (16/12/2020) pagi menjelang subuh sekitar 02.49 Wib di Kantor KPU Parit Malintang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Suhatri Bur-Rahmang, H. Muslim Zein, SH melalui WhatsApp nya, Rabu (16/12/2020).

LIMAPIA Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Selasa 24/11 siang Mahasiswa yang tergabung dalam Lingkaran Mahasiswa Piaman (LIMAPIA) datangi gedung perwakilan rakyat Kabupaten Padang Pariaman. Kedatangan calon intelektual muda...

BKAN Melanjutkan Sosialisasi Program Kepada Karang Taruna Dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis

Padang Pariaman, BeritaSumbar.com,- Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Ulakan Tapakis kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, kembali menggelar Pertemuan dan Sosialisasi di Aula...

Peminat KPPS Di Kecamatan VII Koto Padang Pariaman Melimpah

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak menyerahkan hasil seleksi calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Panitia Pemungutan...

Pengurus Syattariyah Padang Pariaman dan Ulakan Tapakis Dikukuhkan

Padang Pariaman, BeritaSumbar -- Pengurus Syattariyah Kabupaten Padang Pariaman dan Kecamatan Ulakan Tapakis, Sabtu (14/11) dikukuhkan di Masjid Raya Syekh Madinah, Nagari Sungai Gimba...

PPK VII Koto Sungai Sariak Cek Kelayakan TPS

Padang Pariaman, www.beritasumbar.com- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman  bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan pengecekan Tempat...

PPK VII Koto Sungai Sariak Gencarkan Sosialisasi Pilkada 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Saat ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman sedang gencar gencarnya melakukan sosialisasi, hal itu...
- Advertisement -