31 C
Padang
Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Evaluasi Dan Monitoring Lapangan Resedensi Prodi S2 Keperawatan Unand Di Rsud Padang Pariaman
E

- Advertisement -

Penulis: Ns. Dewi Murni, M.Kep
Dosen Keperwatan Universitas Andalas.

Padang,Pariaman,Beritasumbar.com,- Dalam Fungsi manajemen ada proses yang dilalui oleh mahasiswa Residensi yaitu Impementasi. Proses Implementasi Ini dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan dan Tahap Evaluasi.

Proses Evaluasi berjalan dengan lancar, KARU Interne juga menyampaikan sudah ada Perubahan dalam Proses, Timang Terima dan Pendokumentasi Asuhan Keperawatan. Proses evaluasi yang dilakukan oleh Ns. Dewi Murni,M.Kep bersama mahasiswa dan Karu Ruangan Penyakit Dalam.Hasil yang didapatkan dari identifikasi literatur adalah tersusunnya materi yang akan diterapkan di RSUD Padang Pariaman.

Adapun materi, teori dan Studi Kepakaran yang dilaksanakan antara lain tentang:
1) Pelaksanaan dan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis 3S (SDKI, SLKI, SIKI).
2) Pelaksanaan dan Pendokumentasian Integrated Patient Development Record (CPPT)
3) Pelaksanaan Handover Berbasis SBAR & Bedside.

Setelah mahasiswa Merancang dan Mengembangkan Pedoman/ Panduan, PAK, SPO, dan Format. Kemudian melakukan Evaluasi proses yang dilakukan dalam penerapan pendokumentasian asuhan keperawatan 3S (SDKI, SLKI, SIKI), CPPT dan Handover Berbasis SBAR & Bedside.

Dalam proses pelaksanaan dilaksanakan berdasarkan pengorganisasian yang telah disusun dan konsultasi sebelumnya, sehingga dalam melaksanakan tindakan mendapatkan dukungan dari Kasi keperawatan, Komite keperawatan, Kepala Ruangan Interne. Uji coba, role play dan pendampingan semua peserta mengikuti dengan tekun dan penuh motivasi sehingga proses berjalan dengan lancar.

Pelaksaaan evalusi di lakukan di Ruangan Rawat Inap Interne, Teman-teman beserta mahasiswa berupaya menerapakan asuhan Kepereawatan dengan dengan menggunakan Form SDKI.Hasil kegiatan tersebut antara lain: Tersedia dan tersusunnya Panduan Asuhan Keperawatan (PAK).

Tersedianya Panduan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan3S (SDKI, SLKI dan SIKI), Tersedia dan tersusunnya format pendokumentasian asuhan Keperawatan berbasis 3S (SDKI, SLKI dan SIKI), Tersedia dan tersusunnya Panduan dan SPO CPPT, Tersedia dan tersusunnya panduan dan Standar Prosedur Operasional (SPO) timbang terima (handover) berbasis SBAR dan bed side handover.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img