27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Seminar Akhir dan Penutupan Resedensi Prodi S2 Keperawatan Universitas Andalas di RSUD Padang Pariaman
S

- Advertisement -

Penulis: Ns. Dewi Murni, M.Kep
Dosen Keperwatan Universitas Andalas.

Padang Pariaman,Beritasumbar.com,– Proses Penutupan sekaligus pelaporan akhir kegiatan Mahasiswa Residensi, mendapat sambutan yang meriah oleh Ibu Direktur RSUD Padang Pariaman. Bahwa Ibu Direktur dengan berat hati melepas mahasiswa residensi. Tiga Bulan pengabdian dan menimba ilmu yang dilakukan mahasiswa sangat banyak Mafaat dan membawa Perubahan Bagi Rumah sakit beserta staf, yang mana disampaikan langsung oleh ibu Di rektur RSUD Padang Pariaman “ Ibu. dr. Jasneli, MARS. Sambutan yang di sampaiakan oleh Ibu Direktur, membuat teman-teman lebih semangat, bahkan ibu Direktur meminta kembali, jika tahun depan di tempatkan mahasiswa Residensi Di RSUD.

Hasil Laporan yang di sampaikan oleh Mahasiswa Asal palembang ini Bernama M.Hardiansyah yaitu. Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis 3S (SIKI, SLKI, SIKI). Dokumentasi asuhan keperawatan merupakan pencatatan setiap kegiatan asuhan keperawatan yang diberikan perawat kepada Pasien. Dokumentasi asuhan keperawatan terdiri dari pengkajian, Diagnosis keperawatan, perencaaan (Intervensi) dan Implementasi. Adanya Kebijakan terkait penyusunan, pencatatan dan penulisan sesuai dengan anjuran PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) dan Kebijakan Pemwerintah terkait dokumentasi Keperawatan Sesuai Standar 3S ((SIKI, SLKI, SIKI). Diharapkan Perawat dapat membuat dokumentasi yang berkualitas, demi terlaksananya asuhan Keperawatan yang Optimal bagi pasien individu, Keluarga dan Komunitas sehingga, meningkatkan mutu layanan Keperawatan di Indonesia.

Pelaksanaan Pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis 3S (SIKI, SLKI, SIKI) yang telah dilakukan di Ruangan Interne sudah baik, dibuktikan dengan perawat telah mendokumentasikan rencana dan Implementasi asuhan keperawatan model checklist yang telah disediakan. Keberhasilan suatu asuhan keperawatan kepada pasien sangat di tentukan oleh pemilihan metode pemberian asuhan keperawatan yang profesional. Mahasiswa Residensi memberikan Rencana Tindak lanjut, merekomendasikan perubahan Form RM.07.2 RI tentang masalah keperawatan dan rencana Keperawatan menjadi Form Rencana asuhan Keperawatan yang berisikan Diagnosis, luaran, kriteria hasil, intervensi dan tindakan keperawatan yang berbasis 3S (SIKI, SLKI, SIKI) dengan Model Checklist/komputerisasi. Mahasiswa juga memberikan file Dokumentasi diagnosis 10 diagnosis yang disahkan oleh Direktur RSUD padang Pariaman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img