26 C
Padang
Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis 3S (SDKI, SLKI, SIKI)
P

- Advertisement -

Penulis: Ns. Dewi Murni, M.Kep
Dosen Keperwatan Universitas Andalas

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,– Dokumentasi adalah informasi yang tertulis tentang status perkembangan kondisi kesehatan pasien serta semua kegiatan asuhan keperawatan yang di lakukan oleh perawat.  Pencatatan dokumentasi keperawatan itu berguna untuk kepentingan pasien, para perawat serta seluruh tim kesehatan yang bekerja memberikan pelayanan kesehatan kepada satu orang pasien.

Pada kegiatan desimilasi ilmu Ini yang di sampaian oleh Nara sumber Ns. Dally Rahman, M.Kep., Sp.Kep.MB. Sebelum penyampaian materi panitia mengadakan  pre test dan post test terkait dengan SDK , nilai pre test peserta desimilasi ilmu rata-rata nilai adalah 34,4% sedangkan nilai post test rata-rata nilai peserta adalah 76%, ada peningkatan rata-rata sebanyak 42% setelah dilakukan pelatihan/ desimilasi ilmu. Pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis 3S (SDKI, SLKI, SIKI) yang telah dilakukan di ruang interne sudah  baik dibuktikan dengan perawat telah mendokumentasikan rencana dan implementasi asuhan keperawatan model checklist yang telah disediakan.

Perawat sebagai “Penegak Diagnosis’ Keperawatan yang harus memiliki kemampuan diagnostik yang baik sebagai dasar mengembangkan rencana intervensi keperawatan dalam rangka mencapai peningkatan, pencegahan dan penyembuhan serta pemulihan kesehatan klien. Untuk itulah diperlukan iklim organisasi yang baik dan memicu perawat agar dapat termotivasi dalam mengembangkan kemampuannya dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan model 3S (SDKI, SLKI, SIKI) secara terus menerus. Model pendokumentasian 3S (SDKI, SLKI, SIKI) terlebih menggunakan metode checklist dan komputerisasi dapat membantu perawat dengan penggunaan standar asuhan keperawatan. Penggunaan terminologi asuhan keperawatan yang seragam, terstandarisasi, akurat untuk menilai efektifitas. Kualitas asuhan keperawatan serta mengembangkan asuhan keperawatan mengacu pada standar-standar dan referensi-referensi intervensi internasional yang telah dalam rangka mencapai peningkatan, pencegahan dan penyembuhan serta pemulihan kesehatan klien secara optimal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img