27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Dorong Industrialisasi Ikan Hias, BRSDM Luncurkan Aplikasi Aquarium Indonesia
D

Kategori -

Jakarta – Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Maman Hermawan  mewakili Kepala BRSDM meluncurkan aplikasi  Aquarium Indonesia, dalam gelaran Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019 yang bertemakan ‘Bangun Industri Ikan Hias di Era 4.0’, Minggu (4/8/2019) di Plaza Kalibata.

“Persoalan mendasar di Indonesia adalah  pendataan yang kurang akurat. Data ikan hias Indonesia belum dapat ditelusuri, tentu ini adalah masalah yang besar dalam perindustrian ikan hias Indonesia. Peluncuran Aplikasi Aquarium Indonesia harus dijadikan momentum kita bersama untuk memecahkan  persoalan data spesies ikan yang beragam antar kementerian, lembaga, hingga pembudidaya.  Platform ini merupakan ide dan semangat baru proses pendataan ikan hias Indonesia dan merupakan platform pertama dengan data termasiv di Indonesia,” tutur Maman Hermawan.

Lebih lanjut Maman Hermawan menyampaikan bahwa Aplikasi Aquarium Indonesia didesain untuk mendokumentasikan semua spesies biota akuatik ornamen dan tanaman hias Indonesia dalam bentuk repositori spesies, serta mewadahi para pembudidaya, pedagang, eksportir dan konsumen aquaria di tanah air dalam bentuk bursa komersial online.

Ketua STP Jakarta Mochammad Heri Edy, menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi Aquarium Indonesia dapat diunduh di Google Play Android. Selain itu, ciptaan HAKI-Copyrights-nya telah didaftarkan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

“Aplikasi teranyar ini diinisiasi, dikontruksi dan dikembangkan oleh Dosen STP Kadarusman dan himpunan taruna Prodi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan STP Angkatan 53 yang dikoordinatori oleh Achmad Naufal Athallah dan Nurhadiah,” tutur Heri Edy.

Dalam laporannya, Dosen STP Kadarusman menjelaskan bahwa Repositori spesies pada Aplikasi Aluarium Indonesia memuat potensi sumberdaya biota akuatik ornamen, baik yang telah diperdagangkan secara luas maupun yang berpotensi sebagai biotop hias. Biotop dibagi ke dalam grup taksa ikan, krustasea, tortoise, karang-kerang, tanaman air dan biota/produk akuarium lainnya.

“Selain itu, citra data repositori menampilkan sebaran dan sifat biota yaitu endemik, natif dan spesies asing; habitat; status perdagangan dan konservasinya. Secara spesifik, aplikasi ini mewadahi semua pihak untuk memberikan kontribusi pengkayaan data spesies dengan proses peng-inputan yang mudah dan cepat,” jelas Kadarusman.

Sementara itu, Bursa komersial produk akuarium memuat fitur jual beli untuk semua jenis biota dan produk esensial bisnis akuarium. Laman ini mewadahi semua pelaku bisnis akuarium (pembudidaya, pedagang ritel dan eksportir). Penjual dan pembeli dapat melakukan interaksi (negosiasi jual-beli) satu sama lain lewat wadah chatting box, telepon dan Whatsapp.

Saat ini perdagangan ikan hias atau Aquaria merupakan industri miliaran dolar yang memperjualbelikan sekitar 40 juta ekor ikan tiap tahun,1.600 spesies, dan melibatkan 125 negara. Indonesia saat ini menguasai sekitar 20 persen pasar ikan hias dunia. Selama periode 2007-2016, Indonesia telah mengekspor 707 juta ikan hias. Pasar ikan hias Indonesia memperdagangkan 16 spesies dengan nilai ekspor sebesar US$ 17.8 juta dengan mayoritas ekspor Indonesia dikirim ke Jepang 24 persen, Singapura 20 persen dan USA 12 persen.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekda Prov DKI Jakarta Saefullah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta Darjamuni, Walikota Jakarta selatan Marullah Matali, Walikota Jakarta Utara, Kepala BKIPM diwakili oleh Kepala Puskari, SekretariaDJPB, Direktur Produksi dan Usaha Budidaya DJPB, Ketua STP Jakarta, para Pejabata Eselon II dan III Lingkup BRSDM KP, Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia, serta Ketua Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI).

Pameran dan Kontes Ikan Hias  diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, di area parkir Plaza Kalibata, Jakarta Selatan mulai 31 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Event ini melibatkan sekitar 500 peserta pameran dan kontes ikan hias dari para pelaku usaha ikan hias, perusahaan swasta bidang perikanan, komunitas ikan hias, dan pembudidaya ikan hias binaan Suku Dinas KPKP di lima wilayah kota administrasi.

Acara ini dimeriahkan berbagai macam kegiatan seperti pameran ikan hias, pakan ikan, dan aquascape, temu usaha ikan hias dengan tema upaya memperluas pasar ikan hias, lokakarya bangun industri ikan hias di era 4.0, dan penjualan ikan hias di stan-stan pameran.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Guru Sebagai Pengarah Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan

Guru harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Kata ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri teladan bagi semua muridnya.

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Ikuti Ota Rang Mudo Bertemakan Perempuan Berpendidikan Tinggi

"Entah akan berkarir atau menjadi Ibu Rumah Tangga, seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi, karena mereka akan menjadi seorang Ibu. Ibu-Ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas." – Dian Sastrowardoyo

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Budidaya Sri Rejeki, Pilihan Bisnis Santai Namun Menjanjikan Saat Pandemi

Oleh: Iga Permata Hany & Jelita Putri Adisti Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan ibu-ibu saat ini, siapa lagi kalau...

Pembaruan Aplikasi Payo App Terbaru, Lebih Ramah, Segar dan Kekinian

Aplikasi PayoApp kini hadir dengan pembaruan terbaru. Update terbaru dari PayoApp ini sudah bisa diunduh di Google Playstore. Dalam update versi terbaru aplikasi ini tampil dengan desain baru yang membuatnya lebih...

4 Tips Jitu Untuk UMKM Agar Dapat Tambahan Modal, Bisnis Makin Melesat!

Umumnya Pelaku UMKM mengawali bisnisnya dengan Modal dari kantong pribadi. Jika ternyata bisnis tersebut mampu berjalan hingga enam bulan bahkan mengalami perkembangan yang signifikan,...

Ditengah Pandemi, Usaha Madu Galo Galo Tembus Pasar Antar Pulau

Sijunjung, Berita Sumbar--Madu Galo-galo Nagari Lalan kecamatan )Lubuk Tarok kabupaten Sijunjung, tetap Eksis Rambah Pasaran Sumatera -Jawa. Ditengah Covid-19 dan New Normal, usaha madu...

Lotek Tek Kasi, Pondok Kuliner Rasa Kampung Dipulau Batam

Batam,Beritasumbar.com,-Lotek Tek Kasi, tempat perantau Sumbar di Pulau Batam melepas selera serasa dikampung. Saat ini selain menghadirkan menu sarapan juga sudah ada KadaiTek Kasi...
- Advertisement -