27 C
Padang
Selasa, Agustus 9, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mengenal Sayuran Pengontrol Kolesterol, Jangan Takut Makan Daging Lagi
M

- Advertisement -

Oleh: Silvia Permata Sari
Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas

Suasana lebaran Haji 1443 Hijriyah masih terasa bagi kita semua, mulai dari gemar takbir, hingga makanan berbau daging. Idul Adha pun identik dengan daging sapi dan daging kambing. Momok daging bagi sebagian orang itu menakutkan karena berdampak negatif seperti meningkatnya kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol adalah senyawa lemak komplek yang dihasilkan oleh tubuh manusia, terutama di dalam organ hati. Kolesterol sering dianggap sebagai zat jahat penyebab timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Padahal tidak demikian jika kadar kolesterol di dalam darah dalam batas normal, yakni tidak lebih dari 200 mg/dl, maka kolesterol merupakan lemak yang berperan penting dalam tubuh manusia. Namun kadar kolesterol yang tinggi dapat menganggu fungsi tubuh keseluruhan dan mendatangkan berbagai penyakit, seperti gula dan jantung. Gula darah tinggi memicu penyakit diabetes (gula), sedangkan kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Mengelola kolesterol dan gula darah bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan. Sayuran menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita kolesterol dan gula darah tinggi. Sayuran hijau memang tidak perlu lagi diragukan manfaatnya. Terdapat berbagai jenis sayuran penurun kolesterol yang dapat diolah dengan mudah dan dikonsumsi sehari-hari untuk menstabilkan tekanan darah. Apa saja itu ? Nah, pada artikel ini kita akan mengupas beberapa sayuran pengontrol kolesterol, sehingga daging maupun beberapa makanan olahan daging pun tidak lagi menakutkan.

  1. Wortel (Daucus carota)

Wortel (Daucus carota) merupakan tanaman sayur yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya efektif menurunkan kolesterol jahat dan gula darah tinggi. Itu karena wortel banyak mengandung Vitamin A, serat (selulosa, hemiselulosa, lignin), Kalsium, Karotenoid, dan Potasium. Adapun manfaat lain dari sayuran berwarna orange ini adalah menjaga kesehatan mata, melancarkan aliran darah, menjaga kadar gula darah tetap normal, menurunkan resiko penyakit jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Brokoli (Brassica oleracea)

Brokoli (Brassica oleracea) adalah salah satu sayuran yang cukup populer di tanah air. Beberapa manfaat brokoli adalah memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta membantu mengelola kolesterol karena mengandung vitamin A, C, E, asam folat, kalium, flavonoid, dan serat. Selain itu, brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL dalam aliran darah.

  • Seledri (Apium graveolens)

Seledri (Apium graveolens) merupakan sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Sayuran daun yang satu ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Itu karena seledri mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi, sehingga mencegah kolesterol menumpuk di dalam darah. Seledri juga bisa meminimalisir potensi stroke, pembekuan darah, dan tingkat hormon stress. Tak heran kalau seledri termasuk ke dalam salah satu sayuran penurun kolesterol yang ampuh.

  • Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium sativum. Sudah banyak hasil penelitian menyebutkan bahwa bawang putih ampuh menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Tomat

Apakag kamu termasuk salah satu penggemar sayuran yang satu ini? Sayuran bulat berwarna merah ini memiliki segudang nutrisi. Sebut saja namanya tomat yang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Solanum lycopersicum. Sayuran ini mengandung pigmen karatenoid likopen dan potasium yang berperan untuk menyeimbang kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Adapun manfaat tomat bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata dan kulit.

Sekarang sahabat pembaca sudah tahu apa saja sayuran yang dapat menurunkan kolesterol ? Ada wortel, brokoli, seledri, bawang putih, dan tomat. Lima sayuran tersebut bisa dimakan dalam bentuk mentah, sup, tumisan, bentuk jus maupun sebagai bumbu masakan. Sehingga daging maupun makanan olahan yang berbahan utama daging tidak perlu lagi kamu takuti. Saya ingat salah satu kutipan teman pernah bilang seperti ini: selagi kamu bisa makan, makanlah itu, jangan dipantangin, asalkan jangan berlebihan. Santap saja dengan batas tidak berlebihan, seperti yang tercantum dalam Alquran dan sunnah Rasullullah SAW: Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki mesjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img