31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kenali Gejala Awal Kolesterol
K

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns.Yuanita Ananda, S.Kep., M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang sesuai, ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. Kadar kolesterol yang normal di dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dL.

Orang yang memiliki kelainan gen produksi kolesterol, atau sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol secara berlebihan, lebih berisiko terkena kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi yang perlu diwaspadai. Pasalnya, kondisi ini bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, bahkan yang membahayakan nyawa. Berikut ini adalah gejala kolesterol tinggi yang perlu diketahui yaitu mudah lelah, nyeri otot saat berolahraga, nyeri dada dan sesak nafas, sakit kepala bagian belakang, mengalami penebalan kuku, kaki terasa dingin, tangan dan kaki sering kesemutan, mengalami disfungsi ereksi, rasa sakit pada rahang.

Komplikasi pada penyakit kolesterol yaitu penyakit jantung, stroke, serangan jantung, penyakit arteri perifer (PAD). Kondisi ini dapat terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri perifer dan menutup aliran darah ke ginjal, lengan, perut, hingga kaki dan disfungsi ereksi. Untuk menghindari berbagai komplikasi akibat kolesterol tinggi, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kolesterol dan menjaga kadar kolesterol darah tetap normal. Kolesterol jahat atau LDL dianggap tinggi jika di atas 160mg/dL sedangkan kadar HDL atau kolesterol baik dianggap buruk saat berada di bawah 40 mg/dL.

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit kolesterol tinggi dapat dicegah dengan: konsumsi makanan rendah lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging tanpa lemak, makanan laut, susu, keju, dan yogurt, hindari makanan tinggi gula dan garam, makan makanan tinggi serat, seperti sayur, buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan, menjaga berat badan ideal, rajin olahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol, mengontrol stress

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img