22 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Wujudkan Ketahanan Pangan, WMI Bagikan Media BUDIKDAMBER Gratis ke Pondok Pesantren
W

Kategori -

Jakarta – Lembaga Sosial Kemanusiaan Wahana Muda Indonesia (WMI) kembali mendistribusikan Media Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) kesejumlah lokasi di Kota dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Ketua WMI Solok Raya, Irwan Firdaus. ST mengatakan pendistribusian Media BUDIKDAMBER kali ini difokuskan kepada Pondok Pesantren yang ada di Kota yakni Ponpes Daruttalib, Ponpes Warassatul Ambiya, dan ponpes Taruna Rabbani di Kabupaten Solok, Juga kepada Puluhan warga dampingan WMI disekitar Kota Solok.

“hari ini WMI mendistribusikan Media BUDIKDAMBER di 3 ponodok Pesantren yang ada di Kota dan kabupaten Solok dengan tujuan agar Santri di Pondok Pesantren dapat belajar beternak ikan yang dimulai dari media yang kecil yakni ember, yang bila mereka sudah menguasai ilmu dalam berbudidaya ikan dalam media kecil insyaallah para santri juga pengasuh pondok dapat dengan mudah mengembangkan dalam media yang lebih besar seperti kolam maupun Biovlog” kata Irwan saat pendistribusian BUDIKDAMBER di Pondok Pesantren Rabbani Kabupaten Solok. Minggu (20/12/2020)

Irwan mengatakan, BUDIKDAMBER merupakan program Ketahanan Pangan keluarga berbasis relawan dan warga yang digagas oleh WMI dimasa Pandemi COVID-19, sehingga BUDIKDAMBER diharapkan dapat menjadi media alternatif bagi warga dalam beternak ikan dan bercocok tanam disekitar rumah dengan lahan yang sempit.

“Istilah lainnya BUDIKDAMBER ini adalah Kulkas Hidup dan Kebun mini bagi masyarakat yang memiliki media ini, karena selain dapat beternak ikan kita juga bisa menanam sayuran diatas media BUDIKDAMBER, dengan demikian masyarakat dapat mengurangi biaya belanja dapur apabila mereka dapat mengelola BUDIKDAMBER dengan baik” urai Irwan.

“WMI bukan sekedar memberikan Media begitu saja, namun juga dibarengi dengan edukasi dan pendampingan sehingga tingkat kepemahaman dan keberhasilan dapat terukur dan terwujud” sambung Irwan.

Irwan menjelaskan, Pendistribusian Media BUDIKDAMBER WMI ini bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Sumatera Barat, dimana pihak BI melalui Program Sosialnya membantu pengadaan Media sebanyak +- 350 BUDIKDAMBER untuk Wilayah Kota Solok.

Diketahui sebelumnya, sejak Pandemi COVID-19 melanda Indonesia WMI aktif dalam Program Pencegahan COVID-19 baik dalam Edukasi dan Sosialisasi juga dalam penyemprotan Disinfektan dilingkungan warga juga Fasilitas Umum. dan salah satu program yang dilahirkan dalam masa Pandemi Covid ini adalah Program Ketahanan Pangan keluarga dengan BUDIKDAMBER sebagai medianya juga pemanfaatan Botol bekas air mineral sebagai media tanaman sayur-mayur. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -