26.4 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan
T

Kategori -

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Untuk menuju lokasi longsor, Kapolres Pessel bersama anggota harus menempuh jalan sempit, serta menitih jembatan gantung dengan kondisi jalan berlumpur. Didampingi walinagari Ganting Mudiak Utara Surantih.

Berdasarkan informasi warga setempat, bahwa jalan menuju lokasi longsor Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, adalah jalan buntu. Tidak menghubungkan antara kabupaten satu dengan kabupaten lainnya ( bukan jalan utama).

” Ini jalan buntu, kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, tidak bisa tembus kemana – kemana,” kata Ranto warga setempat pada, Senin (11/1).

Menggunakan sepeda motor trail, Kapolres Pessel melihat dari dekat kondisi kampung Langgai yang terkena longsor beberapa hari lalu. Berdasarkan pantuan awak media dilokasi, hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati jalan ke lokasi tersebut, sedangkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

Sementara untuk operasional alat berat escavator, tidak bisa melintas karena kondisi jembatan gantung yang tidak cukup memungkinkan dilewati alat berat. 

Usai melihat dari dekat lokasi longsor, Kapolres melanjutkan pengecekan ke kampung Akad, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Didampingi Kapolsek Lengayang.

Kepada media, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K mengatakan, berdasarkan hasil kegiatan pengecekan kelokasi longsor di kampung Langgai, Kecamatan Sutera memang ada beberapa titik longsor, namun secara keseluruhan aktifitas masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Sedangkan akses kendaraan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Kepada masyarakat Sri Wibowo agar tetap mewaspadai anomali cuaca tidak menentu. Termasuk bersama – sama mengawasi aktifitas ilegal logging diwilayahnya, jika ada pembabatan hutan secara ilegal segera laporkan ke pihak polsek ataupun polres pessel, untuk nantinya akan kita tindak tegas. 

” mari kita jaga lingkungan kita, jangan sampai hal itu menyebabkan bencana, seperti banjir dan tanah longsor,” kata Sri Wibowo.

Lebih jauh Sri Wibowo, bahwa penanganan musibah ini harus dilakukan bersama – sama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas terkait untuk segera penanganan cepat. Agar, aktifitas warga kembali normal.

Dan, untuk perambahan/pembabatan hutan atau sering disebut ilegal logging Sri Wibowo telah memerintahkan jajaran Kapolsek melakukan patroli wilayah, tindak tegas jika ada oknum pelaku dilapangan.

” Sedikit bantunan dari Polres Pessel kita serahkan pada warga di Kampung Akad, minimal bantuan ini bisa membantu warga sedang mengalami cobaan banjir,” ucapnya.

Sedangkan Armis warga kampung Akad, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang dihadapan kapolres menyampaikan kecemasan dan khawatir akan banjir susulan, apalagi sampai berita ini diturunkan hujan masih cukup tinggi. 

” Kita dan warga lain berharap sama Pak Kapolres bisa membantu menyampaikan pada Pemkab dan dinas terkait, untuk mempercepat penanganan normalisasi sungai batang lenggayang,” harap Armis.

Atas bantuan dari Kapolres Pessel, Armis mengucapkan terima kasih. Dan bantuan ini cukup membantu warga disini. Ada beberapa rumah warga terkena dampak banjir, sedangkan tiga rumah rusak akibat tersapu air sungai.

Di kampung Akad Kapolres Pessel cukup prihatin dengan kondisi warga yang terkena musibah. Sekaligus melihat dari dekat kondisi rumah warga yang rusak tersapu banjir. 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Tersangka Jambret, Dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Satu tersangka jambret berinisial " IM ' (23) warga Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hitungan jam berhasil dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang Satreskrim. Senin (22/3) pukul 15.00 Wib.

Kodim 0311/ Pessel gelar Vaksinasi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama dua hari, Kodim 0311/ Pessel mengadakan kegiatan Vaksinasi Covid - 19. Kegiatan tersebut Kodim 0311/ Pessel menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel.

Peringatan HPI, Lisda Hendrajoni momen penting meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari Senin (8/3) mendapat tanggapan dari Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasional Demokrat Lisda Hendrajoni.

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.
- Advertisement -