25.9 C
Padang
Kamis, Januari 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan
T

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa. KKN itu sendiri terbagi atas: KKN Tematik, KKN Integrasi, dan KKN Balek Kampung. Pada kesempatan kali ini team KKN UNRI berkesempatan untuk melakukan kegiatan KKN balek kampung. Dimana, tujuan utama dari KKN ini ialah untuk mengabdi dan membangun kampung sendiri.

Lokasi Team KKN UNRI terletak di Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, kabupaten lima puluh kota. Nagari ini memiliki wilayah yang cukup luas dan terbagi atas beberapa Jorong yaitu Jorong Batu Payung, Jorong Kepala Bukit, Jorong Subarang aia, Jorong Padang Tangah, Jorong Koto Malintang, Jorong Pakan Raba’a dan Jorong Lareh nan Panjang. Nagari batu payuang ini memiliki potensi alam yang sangat baik, namun pada infrastruktur seperti jalan masih terdapat sedikit kekurangan yaitu belum adanya penunjuk jalan atau yang biasa kita sebut rambu-rambu jalan.

Biasanya dipinggir jalan terdapat rambu-rambu yang digunakan sebagai penunjuk jalan, pemberi isyarat dan kecepatan pengendara yang harus dipatuhi. Rambu jalan dianggap penting karna meminimalisir terjadinya kecelakaan, sesat jalan dan tentunya sebagai pedoman seorang pengendara Ketika bepergian. Seringnya pengendara dari luar daerah tersesat saat berkunjung ke Nagari Batu Payuang, maka team KKN UNRI berinisiatif secara kolektif untuk membuat Rambu penunjuk jalan yang berguna untuk memberikan arah kepada pengendara supaya sampai dilokasi yang dituju.

Rambu jalan ini dipasang pada beberapa titik, diantaranya simpang pisak yang merupakan simpang dua arah yang terhubung ke beberapa jorong yakninya Jorong Koto Malintang, Jorong Batu Payuang, Jorong Subarang aia dan Jorong Padang Tangah yang merupakan Jorong hasil Pemekaran dari Jorong Batu Payuang.

Pemasangan Rambu jalan telah dilaksanakan pada sabtu, 31 Juli 2021 oleh team KKN UNRI dengan menggunakan peralatan sederhana. Pembuatan Rambu jalan sendiri dimulai dengan mencari Kayu sebagai tonggak utama, lalu memotong kayu dan membentuknya menjadi tanda panah untuk memudahkan pengendara melihat arah jalan. Kemudian dilakukan pengecatan dan menuliskan nama jorong yang ada di nagari batu payuang.

Menurut team KKN UNRI Rambu jalan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Nagari Batu Payuang kedepannya sehingga jumlah pengendara yang tersesat di Nagari Batu Payuang akan semakin sedikit.(hmd)

Team KKN Universitas Riau dibawah bimbingan Yudho Harjoyudanto, S.Si, M.Si

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img