30 C
Padang
Jumat, Maret 5, 2021
Beritasumbar.com

Terkait APK Yang Mengarahkan Mendukung Salah Satu Paslon, Ini Keterangan KPU Sumbar
T

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat terkesan mengarahkan untuk memilih salah satu paslon.

Kenapa tidak, pada baliho yang terpasang pada salah satu Billboard di Kawasan Simpang Benteng Kota Payakumbuh itu menimbulkan perhatian warga setempat terhadap salah satu foto Pasangan Cagub-Cawagub Sumbar Nasrul Abit-Indra Catri atau NA-IC.

Pasangan NA-IC yang memakai baju berwarna putih, peci nasional warna hitam, serta gantungan sarung pundaknya. Pada bagian atas ada logo Partai Gerindra dan di bawahnya nomor urut paslon. Nama pasangan calon terpampang di bagian bawah foto pasangan nomor urut dua itu.

Adapun keanehan yang menarik perhatian warga setempat ataupun pengguna jalan yang lewat di Kawasan Simpang Benteng adalah gambar paku yang ditusukkan pada gambar Pasangan NA-IC, tepatnya di bagian badan pasangan tersebut.

Sementara pada gambar 3 pasangan calon lainnya baik Ir. H. Mulyadi-Drs. H. Ali Mukhni, Irjen Pol (Purn) Drs Fakhrizal, M. Hum-Dr. Genius Umar, M. Si, dan H. Mahyeldi , Sp-Ir. Audy Joinaldy tidak adak gambar paku yang ditusukkan ke foto pasangan calon.

Selain itu pada baliho tersebut juga ada logo KPU Sumatera Barat di bagian sisi kiri atas baliho dan tulisan Fasilitasi KPU Sumbar di bagian kanan bawah baliho tersebut.

Sementara, Ketua KPU Sumbar yang baru Yanuk Sri Mulyani menanggapi adanya APK yang ada tanda gambar paku yang mencolok di salah satu paslon di baliho itu, sudah menjadi pembicaraan di internal KPU Sumbar.

“Untuk langkah kami selanjutnya, tentu ada mekanismenya, karena kemarin kami melakukan pengadaan alat peraga kampanye (APK), dan bahan kampanye yang difasilitasi KPU, kan melalui mekanisme rapat,” kata Yanuk sebagaimana dikutip dari Arunala.com.

Ia melanjutkan, kemarin untuk desain APK yang berasal dari paslon ditetapkan dan ditandatangani sama mereka, kemudian difasilitasi KPU.

Ternyata, jelasnya, memang seperti yang disampaikan kawan-kawan media bahwa ada baliho yang difasilitasi oleh KPU itu seolah-olah mengarahkan ke satu paslon.

“Ini untuk mekanisme semacam itu, akan kami bahas di dalam rapat lagi terkait persoalan itu (baliho) dan kami sudah agendakan kapan rapat itu akan kami lakukan,” sebut Mantan Ketua KPU Dharmasraya itu.

Ia menegaskan sebenarnya kalau dari desain sendiri secara substansi itu tidak ada larangan di dalam regulasi KPU. Saat KPU Sumbar akan mencetak baliho paslon itu, ada validasi dari semua perwakilan semua tim paslon.

“Dan itu artinya, mereka tentu sudah mengetahui ada tanda (gambar) seperti yang tercetak pada baliho paslon itu, serta mereka tidak ada komplain soal itu, dan menandatangani desain baliho itu, makanya itu menjadi dasar kami untuk mencetaknya,” katanya.

Baliho cagub dan cawagub yang difasilitasi KPU Sumbar itu apakah semuanya dicetak seperti baliho yang dipertanyakan warga atau hanya sebagian saja?

“Kemarin, pertimbangan kami kenapa baliho itu dijadikan satu, tidak lain untuk mempertimbangkan pemasangan dari APK itu sendiri, karena kalau misalnya satu-satu kami pasang dikhawatirkan kok di titik-titik strategis di peruntukan bagi satu paslon saja. Makanya dengan pertimbangan agar supaya ada keadilan itu, untuk itu desain paslon itu disusun dan dijadikan satu,” ungkapnya. (Tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Harmonisasi Kepala Daerah, Ketua DPRD Lima Puluh Kota: Jangan Seperti Bupati-Wabup Sebelumnya

Sarilamak, beritasumbar.com - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Dt Bandari Rajo dan...
- Advertisement -

Wawako Bukittinggi Marfendi dan Istri Terima Kunjungan Dari Bengkalis

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Organisasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Riau mengadakan kunjungan ke Kota Bukittinggi,Kamis (3/3/2021). Kunjungan sekaligus dalam...

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -