26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KIP Gelar Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik ke III
K

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Komisi Informasi Sumatera Barat gelar kegiatan Baraleg Gadang Keterbukaan Informasi Publik yang ke III di Kota Payakumbuh. Kegiatan ini diadakan pada Selasa 8/5/24.

Kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan informasi Publik ke III ini dibuka oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi SH.

Turut hadir pada kegiatan itu Komisoner Komisi Informasi Sumbar, Ariswandi, Pj. Wali Kota Payakumbuh diwakili Kepala Kantor Kesbangpol, Dipa Surya Persada Direktur Utama PAM Tigo Payakumbuh, Khairul Ikhwan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumbar.

Dalam sambutannya, Supardi mengatakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan salahsatu hal yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Sebab katanya, masyarakat Sumbar sudah terbiasa dengan transparasi.

“Pemerintah harus bisa membuka secara akses informasi seluas-luasnya kepada publik, apapun itu informasinya,” sebut Supardi didepan sebanyak 150 peserta yang hadir, diantarnya terdiri dari Organisasi Kepemudaan (OKP), Karang Taruna, UMKM dan Wartawan.

Supardi menyebut, akses informasi dari pemerintah sangat vital dan harus diketahui oleh masyarakat luas dan masyarakat berhak mendapatkan akses informasi tersebut. Sebab, maju nya suatu daerah salah satunya adalah pemerintah bisa membuka akses informasi secara luas.

“Informasi seperti tingkat kemiskinan, pengangguran, kelulusan sekolah dan jumlah UMKM serta perkembangan suatu daerah dan informasi lainnya kecuali informasi yang memang dikecualikan, sangat perlu diketahui masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik,” ujarnya.

“Jadi, mari kita bekerjasama untuk membangun Sumbar, khususnya Kota Payakumbuh. Kepada peserta saya berpesan, mari ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya semoga kita semua mendapat ilmu untuk didiskusikan lagi nanti di forum-forum yang lebih luas,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Idham Fadil mengungkapkan bahwa kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan merupakan kegiatan ke tiga kalinya yang dilaksanakan Komisi Informasi Sumbar.

“Ini merupakan kegiatan jilid III yang kita gelar. Kegiatan jilid I dan jilid II juga kita gelar di Kota Payakumbuh,” sebutnya.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik digelar dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait keterbukaan informasi.

Idham Fadil juga mengapresiasi Ketua DPRD Sumbar, Supardi dan Diskominfo Sumbar yang telah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang digelar Komisi Informasi.

“Terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besar nya kami sampaikan kepada Ketua DPRD Sumbar Bapak Supardi. Warga Payakumbuh patut berbangga, sebab Bapak Supardi selalu peduli terhadap kampung halamannya, yakni Kota Payakumbuh,” pungkasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img