Wabah Covid-19 ini adalah musuh bersama, karena itu harus pula diatasi secara bersama pula. Kerja bersama, baik lokal, nasional, regional, dan internasional, adalah pilihan paling tepat untuk mengatasi krisis ini.

Pertanyaan besar yang sampai saat ini belum ada jawabannya adalah kapan krisis karena pandemi Covid-19 akan berakhir? Apa yang akan terjadi setelah semuanya berakhir?

Apakah benar akan muncul arsitektur baru dalam hubungan internasional, baik itu dalam hal aliansi politik, kemitraan perdagangan, dan sistem ekonomi global secara keseluruhan? Atau, apakah semuanya akan sama seperti sebelum pandemi Covid-19 menguasai dunia ini?

Pandemi Covid-19 seperti blitzkrieg, serangan dadakan yang dilakukan Jerman atas Polandia, pada 1 September 1939. Tanpa ba-bi-bu, 1,5 juta tentara Jerman Nazi menggempur Polandia. Mereka menggeruduk dari utara, selatan, dan barat. Tidak hanya lewat darat, tetapi laut dan udara.

Tank-tank Jerman bergemuruh masuk ke Polandia, menerjang semua penghalang. Bom berjatuhan, menghancurkan lapangan udara, kereta-kereta api penuh penumpang, dan senapan-senapan mesin membunuh warga sipil tanpa pandang bulu. Bom membakar dan menghanguskan kota kota Katowice, Krakow, dan ibu kota Warsawa. Di laut, AL Jerman melumpuhkan AL Polandia.

Karena serangan itu, Inggris Raya dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman. Dan, PD II pun dimulai. Perang telah mengakibatkan krisis global, karena negara-negara di dunia terlibat dalam perang. Di belahan Bumi lain, kawasan Pasifik, perang dimulai setelah Jepang mengebom Pearl Harbor di Hawaii, AS, 7 Desember 1941. Setelah itu, perang besar terjadi di mana-mana.

Penulis: Ahmad munif
FAKULTAS: tarbiyah
Jurusan: bahasa arab
Kampus: IAIN MADURA

loading...