29 C
Padang
Jumat, Maret 5, 2021
Beritasumbar.com

Pengurus Syattariyah Padang Pariaman dan Ulakan Tapakis Dikukuhkan
P

Kategori -

Padang Pariaman, BeritaSumbar — Pengurus Syattariyah Kabupaten Padang Pariaman dan Kecamatan Ulakan Tapakis, Sabtu (14/11) dikukuhkan di Masjid Raya Syekh Madinah, Nagari Sungai Gimba Ulakan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Syattariyah Buya Ismed Ismael Tuanku Mudo.

Pelantikan dan pengukuhan dilakukan dengan cara seluruh pengurus mengikuti baiah (perjanjian) yang dipimpin Buya Ismed Ismael Tuanku Mudo.

Pesan Buya Ismed Ismael Tuanku Mudo dalam pelantikan itu, adalah keikhlasan para pengurus yang terdiri dari ulama dan tuanku dalam menjalankan amanah organisasi sangat menentukan masa depan yang cerah.

“Saya tahu, di setiap kampung di Padang Pariaman ini ada penggiat Syattariyah yang harus kita akomodir dalam organisasi ini. Padang Pariaman terkenal dengan kebesaran ajaran Syekh Burhanuddin ini,” katanya.

Mufti Ulakan, H. Syukur Tuanku Mudo menjelaskan sejarah panjang lahir dan terbentuknya kepengurusan Syattariyah di Padang Pariaman dan Kecamatan Ulakan Tapakis.

“Kondisi ini adalah bagian dari mangampuangan nan taserak, mangamehan nan taicia. Kekuatan organisasi ini sudah ada sejak dulunya. Namun, perubahan zaman, pergerakannya hilang dari peredaran. Dan itulah yang dijemput kembali saat ini,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan pengukuhan di Masjid Raya Syekh Madinah ini, adalah mengembalikan kekuatan Syattariyah yang dibawa Syekh Burhanuddin dulunya.

“Beliau sebelum mengaji ke Aceh, terlebih dulu berguru dengan Syekh Madinah, yang belakangan nama masjid-nya kita lestarikan di Sungai Gimba Ulakan ini,” katanya.

Ia mengatakan banyak ulama muda dan yang tua-tua ikut pengajian rutin yang dilakukan setiap pekannya di masjid ini. Lalu, karena semakin berkembang, lahirlah sebuah forum yang bernama Forum Koordinasi Seluruh Ulama Ulakan (FOSUU).

“Semoga forum ini agar lebih besar lagi, kita wujudkanlah Syattariyah yang kini kita kukuhkan,” sebutnya.

Sebagai Mufti Ulakan, ia meminta seluruh ulama, khususnya di Ulakan untuk bisa memperkuat barisan bersama mengembalikan Ulakan, Padang Pariaman sebagai asal dan besarnya Syattariyah.

“Dengan kehadiran organisasi ini pula kita bisa memberikan yang terbaik di tengah masyarakat. Menjadikan Padang Pariaman dan Ulakan Tapakis sebagai negeri baldatun thaibatun warabbun gafur,” ungkapnya.

Walinagari Sungai Gimba Ulakan Irmantiardi yang mewakili seluruh walinagari di Kecamatan Ulakan Tapakis memberikan apresiasi terhadap organisasi Syattariyah yang baru saja dilantik dan dikukuhkan.

“Tinggal bagi kita bagaimana menghidupkan wirid-wirid yang sudah ada, mengembangkan kembali kekuatan surau yang banyak tersebar di sepanjang Ulakan ini,” ulas dia.

Sementara itu, Ketua Umum Syattariyah Padang Pariaman, Ali Bakri Tuanku Khalifah menjelaskan, kondisi masyarakat akhir-akhir ini semakin jauh dari ajaran tariqat. Tak heran, bawaannya keras, dan ingin kekerasan.

“Nah, melalui organisasi kita kembangkan ajaran tariqat, khususnya Syattariyah yang menjadi kajian ulama dulu dalam memberikan kesejukan di tengah masyarakat,” kata dia.

“Selesai pelantikan ini, kita lakukan konsolidasi organisasi di seluruh kecamatan dan nagari di Padang Pariaman. Kita ingin, organisasi Syattariyah ini merangkul semua perbedaan cara pandang dan pendapat dalam satu masalah. Dan berusaha mencarikan solusi alternatif, agar tidak merebak perbedaan tersebut secara meluas,” katanya. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mr.Ho bersama Indonesia Records Garap Lagu ‘Laki Laki Laku’ Sebagai Bentuk Kritik Sosial

Jakarta (BeritaSumbar.com) - Eksistensi Mr.Ho tengah jadi perhatian penikmat musik di Tanah Air. Lagu-lagu rock ballads karya penyanyi asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut kerap...
- Advertisement -

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek

Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ory Sativa Sakban terkait dengan laporan kuasa hukum Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Try Suryadi-Taslim, mengatakan , KPU Padang Pariaman menghormati langkah hukum atau langkah konstitusional yang ditempuh oleh Pihak Paslon 02 tersebut.

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat

Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman

Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman nomor urut 1, Suhatri Bur-Rahmang, H. Tambi telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, Edy Zulnaidi, SH, Rabu (16/12/2020) pagi menjelang subuh sekitar 02.49 Wib di Kantor KPU Parit Malintang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Suhatri Bur-Rahmang, H. Muslim Zein, SH melalui WhatsApp nya, Rabu (16/12/2020).
- Advertisement -