24 C
Padang
Kamis, Maret 4, 2021
Beritasumbar.com

Pemerintah Desa Kubang Tangah Bantu Masyarakat Kelola Lahan Pertanian
P

Kategori -

Sawahlunto, BeritaSumbar.com, – Pemerintah Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar memberikan bantuan benih dan pupuk untuk membantu masyarakat mengolah dan mengembangkan lahan pertanian. Tak hanya itu, lahan pertanian di Desa Kubang Tangah tersebut kini dibebaskan dari pajak bumi, karena pajak tersebut sudah dibayarkan dengan uang pribadi dari Kepala Desa.

Disampaikan Kepala Desa Kubang Tangah Rice, bahwa program pro pertanian ini digerakkan Pemerintah Desa Kubang Tangah agar potensi lahan pertanian yang sangat besar di desa itu dapat tergarap maksimal sehingga hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti yang sekarang kita lakukan panen perdana dengan mengundang pak Walikota ini, yaitu pertanian bawang. Dengan benih dan pupuk kita bantu dari Pemerintah Desa, jadi kemaren telah kita tanam benih sebanyak kurang lebih 85 Kg. Dengan masa panen 2 bulan (70 hari), sekarang dalam masa penanaman tahap pertama ini kita tanam di luas lahan ¼ hektar,” kata Rice, Jum’at 13 November 2020 tadi di lahan pertanian bawang Dusun Guguak Pauh, Desa Kubang Tangah.

Lebih lanjut dijelaskan Kepala Desa Kubang Tangah Rice, bahwa untuk pertanian bawang ini sekarang dikelola oleh Kelompok Tani Guguak Pauh dengan anggota 10 orang. Keltan Guguak Pauh ini dipimpin oleh Zulkanadi. Selain itu, juga ada lahan 1 hektar di Dusun Batu Tajam yang sekarang ini baru mulai ditanam.

“Di APBDes Kubang Tangah, kita telah menganggarkan Rp 10 juta untuk membantu menyediakan benih dan pupuk pada pengolahan pertanian ini. Kemudian ini kita tingkatkan pada anggaran perubahan APBDes menjadi Rp 32 juta. Ini wujud perhatian dan keseriusan kita dalam memotivasi dan membantu masyarakat menggarap lahan pertaniannya,” kata Rice.

Program pribadi Kepala Desa, yakni membayarkan pajak bumi seluruh lahan pertanian di Desa Kubang Tangah tersebut juga bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk menggarap lahan pertaniannya.

“Silahkan masyarakat beramai – ramai menggarap lahan pertaniannya. Untuk lahan itu sekarang tidak perlu lagi membayar pajak, karena sudah saya bayarkan dengan uang pribadi. Total pajaknya itu di Desa Kubang Tangah yakni Rp 14 juta. Sementara kalau membutuhkan benih dan pupuk untuk mengolah lahannya, itu kita bantu dari Pemerintahan Desa, silahkan diajukan permohonan, nanti kita tindaklanjuti,” ujar Rice.

Inovasi lainnya yang sedang digerakkan Pemdes Kubang Tangah masih dalam ranah pertanian adalah mengelola tanah kas desa. Dijelaskan Rice, tanah kas desa ini adalah tanah yang dibeli Pemerintah Desa kemudian sudah disertifikatkan.

“Tanah kas desa seluas 1, 5 hektar di Dusun Polak Datai ini kami gunakan untuk menanam pinang batara. Saat ini sudah dalam proses melubangi tanah, dalam waktu dekat siap ditanami batang pinang tersebut. Kami siapkan 2.000 batang pinang batara untuk ditanam di sana,” kata Rice.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang datang menghadiri panen perdana bawang Kelompok Tani Guguak Pauh, Jum’at 13 November 2020 tadi, sangat mengapresiasi program pertanian di Desa Kubang Tangah tersebut. Dikatakan Walikota, memang program seperti itulah yang hendaknya dijalankan setiap desa di Sawahlunto yang memiliki potensi lahan pertanian.

“Ini semangat yang luar biasa sudah muncul dari para petani, dukungan yang luar biasa juga muncul dari Pemerintah Desa Kubang Tangah. Maka tentu kami dari Pemko juga akan mendukung penuh, dalam hal ini melalui Dinas Pertanian kita arahkan untuk optimal dalam mendampingi Kelompok Tani Guguak Pauh ini,” kata Walikota Deri Asta.

Walikota menyebutkan, bahwa untuk hasil pertanian yang maksimal memang perlu ilmu dan skill (kemampuan) yang bagus. Maka itu, Dinas Pertanian dihimbau untuk dapat ‘mentransfer’ ilmu dan skill pertanian ini kepada para petani.

“Pertahankan dan tingkatkan koordinasi yang baik antar Pemerintah Desa dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam hal seperti ini, keberhasilan program bergantung pada tingkat koordinasi antar Pemdes – OPD,” ujar Walikota Deri Asta.

Diharapkan Walikota, agar penggarapan pertanian bawang ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan oleh Pemdes Kubang Tangah. Sehingga nanti setidaknya untuk kebutuhan bawang se – Kota Sawahlunto dapat dipenuhi oleh bawang dari Desa Kubang Tangah ini.

Mengunjungi lahan pertanian bawang di Desa Kubang Tangah tadi, Walikota Sawahlunto Deri Asta juga membawa General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon.

“Kita akan terus membantu, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA nanti kita akan tindaklanjuti. Sebelumnya, sudah ada beberapa bantuan yang sudah kita berikan juga. Ke depan bantuan ini akan terus kita lanjutkan,” kata Yulfaizon, yang juga merupakan putera daerah Kubang. (Beni M)

Tayang Bersama Dmagek.ID

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...
- Advertisement -

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.
- Advertisement -

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan 'kado' yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi - inovasi di Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 dikukuhkan pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemaren di GPK Sawahlunto. Ketua PWI Sawahlunto yang baru ini Indra Yosef bersama jajaran pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumbar Heranof Firdaus, juga disaksikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Ny. Eka Wahyu Ismed.

Sawahlunto Membutuhkan Investor?

Kota Sawahlunto membutuhkan investor untuk berinvestasi dalam melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan menuju Sawahlunto Yang Lebih Baik. Demikian peenegasan Walikota Sawahlunto Deri Asta menjawab pertanyaan di rumah dinasnya Kamis (10/12/20) kemaren.

SISSCa 2020 Masuk Top 100 Wonderful Event Kemenparekraf

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Perhelatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2020 masuk dalam Top 100 Wonderful Event versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dengan...

80 KK Terima Bantuan Kambing Dari Pemko Sawahlunto

Sawahlunto, BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat memberikan bantuan ternak kambing kepada masyarakat. Tahun 2020 ini, bantuan ternak kambing diserahkan kepada...
- Advertisement -