29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Pencak Silat Harus Kembali Membumi di Ranah Minang
P

Kategori -

Gubernur Sumatra Barat, Prof, Dr. H.Irwan Prayitno, Dt,Rajo Bandaro Basa M,Si didampingi Ketua Umum Pengda Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Dr. Fauzi Bahar Pandeka Rajo Nan Sati M.Si, Ketua LKAAM Sumbar Drs. M. Sayuti Dt. Rajo Panghulu, M.Pd, dan Ketua pelaksana Zulhendri Ismed, Rajo Bungsu, S, Sos secara resmi menabuh Gelanggang Silih Baganti (GSB) serta “Festival Pencak Silat Tradisional dan Pidato Pasambahan”, Kamis (19/ 12), di Gedung Olahraga UNP Padang.

Turut hadir anggota DPRD Sumbar H. Syahrial, B. Sc, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar H. Priadi Syukur, SH, tokoh Sumatra Barat Makmur Hendrik, Wakil KONI Sumbar dan KONI Padang Serta ketua Pengcab IPSI Kabupaten/ Kota se- Sumatra Barat.

Gubernur mengatakan, silat mengandung nilai budaya di Ranah Minang, nilai yang terus dilestarikan mulai dari akar rumput sampai kasta tertinggi dengan kembalinya IPSI Sumatra Barat yang dilaksanakan IPSI Kota Padang menggelar GSB pantas diapresiasi, apalagi dalam pelaksanaan kali ini, selain menggandeng LKAAM untuk Festival, iven ini juga tampil begitu megah, baik pelaksanaan maupun pemberian hadiah

Selama ini lanjut Gubernur, tidak ada iven olahraga yang memberikan hadiah mobil, baru IPSI yang melakukannya, karena itu tidak saja silat akan semakin membumi di Ranah MInang, tetapi lebih dari itu prestasi silat Sumatra Barat diyakini akan terus membaik.

“Kita yakin GSB merupakan salah satu iven yang mampu mengangkat pamor silat, dan yang pasti silat akan menjadi salah satu cabor andalan Sumatra Barat untuk dibersaing di kancah Nasional maupun Internasional,” kata Irwan Prayitno.

Senada Ketua Umum IPSI Sumbar Fauzi Bahar dan Ketua LKAAM Sumbar M. Sayuti menyatakan, belajar silek itu terbagi dua, silek duduk, belajar di dalam surau (mesjid) dan silek tegak, belajar dihalaman surau (mesjid), artinya pesilat itu tidak hanya pandai di gelanggang tetapi juga harus pandai dalam Agama.

Untuk itu dengan gelaran GSB XI, iven yang merupakan “Alek Anak Nagari” terbesar, didalamnya bukan saja mempertandingkan silat tetapi juga menggabungkannya dengan Festival “Petatah petitih” itu sangat bermanfaat, karena merupakan wadah untuk memperdalam dan mengukur kemampuan ilmu pesilat tersebut.

Ketua Panitia Zulhendri Ismed menerangkan, GSB kali ini merupakan yang ke XI, sebelumnya pelaksanaan GSB sempat terhenti, dan terakhir pelaksanaanya 2002 di Kota Solok, karena itu tahun ini dirancang lebih besar agar GSB kembali dicintai dan terus dihelat setiap tahun.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.
- Advertisement -

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -