32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menanam Pohon Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan
M

Kategori -
- Advertisement -

Setiap tanggal 10 januari selalu diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta pohon. Di Indnesia, pada tanggal tersebut berbagai kegiatan mulai dari tingkat nasional diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia dan didukung oleh berbagai organisasi, bisnis, dan sukarelawan. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan luas tutupan hutan di negara Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pohon dan hutan bagi Lingkungan. Peringatan ini dimulai pada masa Presiden Soeharto yakni pada 10 Januari 1993. Pada saat itu, Soeharto mencetuskan gerakan satu juta pohon dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut melakukan menanam pohon sampai melampaui satu juta di setiap provinsi. Dalam perkembangannya, Indonesia bahkan pernah membuat program pelestarian pohon melalui Gerakan Satu Miliar Pohon di era Presiden SBY tahun 2011.

Kita sudah tahu, kalau keberadaan tanaman dan pepohonan itu sangat penting. Namun, tidak banyak yang benar-benar menyadari bahwa keberadaan pohon bukan hanya penting, tapi sangat penting. Pohon bukan hanya bisa mempercantik lingkungan, dan menyaring udara kotor yang muncul akibat polusi. Lebih dari itu, keberadaan hutan dan pohon dapat menyelamatkan manusia dari ancaman kepunahan. Seiring meningkatnya polusi udara yang berpengaruh pada kualitas udara, penting bagi kita untuk terus melakukan pelestarian alam mulai dari menanam hingga merawat pohon. Nah, ada beberapa manfaat menanam pohon bagi lingkungan yang dilansir dari berbagai sumber. Diantaranya yaitu :

1.      Menghasilkan Udara yang Segar

Menanam pohon akan menghasilkan Oksigen dan Mengurangi Karbondioksida Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.

2.      Mengurangi Resiko Terjadinya Erosi

Pohon dapat Menahan Laju Air dan Erosi. hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.

3.      Menjaga Kesuburan Tanah

Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.

4.      Lingkungan Menjadi Nyaman

Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.

5.      Mengurangi Zat Pencemar Udara

Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

6.      Membantu mengurangi ancaman pemanasan global

Pohon-pohon dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer, yang merupakan salah satu penyebab utama pemanasan global. Dengan demikian, menanam pohon dapat membantu mengurangi konsentrasi karbon dioksida di atmosfer, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi efek pemanasan global.

7.      Menjaga populasi berbagai makhluk hidup

Pohon menyediakan habitat bagi berbagai jenis hewan, seperti burung, monyet, dan serangga. Pohon juga merupakan sumber makanan bagi berbagai hewan. Selain itu, pohon menyediakan oksigen yang dibutuhkan oleh hewan-hewan tersebut untuk bernapas. Pohon juga dapat membantu mengurangi polusi udara dan menjaga kelembaban di sekitar lingkungannya, yang membuat lingkungan hidup yang lebih sehat bagi hewan-hewan tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img