24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Australia Sadap Ani SBY Karena Suka Ikut Campur Dalam Pemerintahan
A

Kategori -
- Advertisement -

Media The Australian, yang mengutip wikileaks, membeberkan alasan mengapa Ibu Ani menjadi target penyadapan intelijen Australia. Dalam laporannya media tersebut menyebut intelijen Australia menyadap Ibu Negara Ani Yudhoyono karena dinilai punya peran besar di pemerintahan.

The Australian memberitakannya pada Sabtu (14/12), diceritakan bahwa Ibu Ani merupakan penasihat yang amat sangat berpengaruh bagi Presiden SBY.

The Australian juga menampilkan data wikileaks. Dalam data yang dibuat pada 2007 itu disebutkan, intelijen Australia mengorek informasi dari penasihat presiden SBY, TB Silalahi.

Dalam laporan Intelijen Australia dengan subjek ‘A CABINET OF ONE — INDONESIA’S FIRST LADY EXPANDS HER INFLUENCE’ dituliskan, TB Silalahi bercerita bahwa staf presiden merasa terpinggirkan dengan pengaruh Ibu Ani itu.

Ani juga menginginkan membangun dinasti keluarga dengan menyiapkan Agus Yudhoyono menjadi presiden selanjutnya.

TB Silalahi didalam kabel Wikileaks itu juga menceritakan kasus contohnya, sepupu dia yang duduk di kabinet Sudi Silalahi bahkan hampir mengundurkan diri.

The Australian melansir dokumen wikileaks bertajuk ‘A CABINET OF ONE INDONESIA’S FIRST LADY EXPANDS HER INFLUENCE’ di dalamnya tertulis ada peran besar Ani Yudhoyono.

Ani dalam dokumen Wikileaks disebut punya peran dominan bahkan beberapa staf istana merasa terpinggirkan dan hendak memilih mundur.

Lalu bagaimana tanggapan pemerintah? Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi tegas membantah. “Bu Ani tak pernah mencampuri urusan kabinet. Beliau kalau bicara kabinet tak pernah ikut,” kata Sudi, di Jakarta, Minggu (15/12). [rimanews/voai]

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img