30 C
Padang
Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mengandung banyak Air, Cocok  Dikonsumsi Pada Cuaca Terik
M

Kategori -
- Advertisement -

Pergantian musim akhir-akhir ini tidaklah menentu. Terkadang dalam kondisi yang cerah bisa saja berganti dengan hujan deras hingga menyebabkan permasalahan dimana-mana, begitu juga sebaliknya. Berbicara hal tersebut, memang pada kondisi tertentu ada kelebihan dan kelemahannnya. Sebut saja musim panas yang beberpa hari ini menerpa kita. Dalam kondisi yang cerah semua aktivitas menjadi lancar tidak ada yang menghalanginya namun saja, kondisi tersebut juga tidak disukai oleh sebagian orang karena terlalu gerah dan menimbulkan ketidaknyaman.

Kondisi panas tentunya kita menacari tempat perlindungan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti kehilangan cairan tubuh yang berlebihan atau dikenal dengan istilah dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu hal yang harus selalu dijaga. Saat dehidrasi telanjur terjadi, Kamu akan merasa nyeri kepala, masalah pada kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung lebih cepat. Apabila tubuh mengalami dehidrasi dalam keadaan lama, komplikasi yang serius seperti kegagalan organ pun mungkin terjadi. Dehidrasi terjadi saat cairan yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perubahan warna urine menjadi lebih gelap. Nah, cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi air minum sesuai dengan kebutuhan tubuh, yaitu sekitar dua liter dalam satu hari.

Selain meminum air yang cukup, untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan yang mengandung banyak air. Berikut beberpa buah yang dapat dikonsumsi ketika cuaca panas agar terhdindar dari dehidrasi, diantaranya yaitu :

1.      Buah Semangka

Buah semangka dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan air. Buah ini memiliki kandungan air hingga 92 persen. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan magnesium. Selain mencegah dehidrasi, rutin mengonsumsi semangka ternyata bisa membantu mengontrol berat badan, lho. Sebab, mengonsumsi buah semangka bisa membantu mengurangi nafsu makan dan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Ada juga manfaat kesehatan yang bisa didapat dari semangka, yaitu membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes dengan cara mengurangi risiko kerusakan oksidatif pada sel.

2.      Jeruk

Buah jeruk lebih dikenal sebagai sumber alami vitamin C. Namun ternyata jeruk, terutama jeruk bali, juga bisa membantu menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Dalam setiap buah, terdapat 90 persen kandungan air, vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat. Rutin mengonsumsi jeruk bali ternyata juga bisa menjaga berat badan ideal. Karena, jeruk bali dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah bahkan membakar lemak. Mengonsumsi jeruk juga bisa membantu menjaga tekanan darah.

3.      Kelapa Muda

Kelapa muda mengandung kadar air sebanyak 95 persen. Tidak hanya karena kandungan air yang banyak, air kelapa juga punya kandungan elektrolit, termasuk potasium, sodium, dan klorida. Pemulihan setelah berolahraga juga menjadi lebih mudah dengan air kelapa karena kandungan elektrolitnya. Minuman alami ini menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan sports drink yang sering kali mengandung banyak gula.Buah

4.      Mangga

Sebanyak 84 persen kandungan air dalam mangga dinilai dapat mencegah dehidrasi dan lemas saat berpuasa. Bukan hanya air, mangga juga mengandung serat, vitamin A, B6, dan C yang baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama puasa.

5.      Stroberi

Buah stroberi dengan kandungan 91 persen air di dalamnya. Selain itu, stroberi mengandung tinggi serat, antioksidan, dan vitamin serta mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan. Kandungan di dalamnya ampuh dalam mencegah peradangan, penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer.

6.      Belimbing

Buah ini ternyata juga banyak mengandung air yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Hampir 91 persen buah belimbing terdiri dari air. Mengonsumsi buah belimbing juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan jantung karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan.

7.      Pisang

Pisang mengandung sekitar 74% air dan merupakan sumber potasium yang baik, yang penting untuk menjaga elektrolit. Bukan hanya air, pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh seperti, vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, magnesium, potassium, dan mangan.

Penulis: Obel SP.MP 
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img