31 C
Padang
Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kenali Penyakit Diabetes Melitus Pasca Lebaran
K

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns.Yuanita Ananda, S.Kep., M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Momen lebaran Idul Fitri digunakan oleh seluruh masyarakat untuk melakukan silaturahmi ke seluruh keluarga. Di saat momen tersebut, masyarakat cenderung mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar gula yang tinggi. Mayoritas masyarakat kurang mengetahui dampak akibat mengkonsumsi gula yang berlebihan. Ketika mengkonsumsi gula secara berlebihan, terjadi peningkatan resistensi insulin. Peningkatan resistensi insulin membuat tubuh tidak dapat memproses kelebihan gula dengan baik. Lonjakan kadar gula darah kemudian tak bisa terhindarkan dan memicu penyakit diabetes mellitus.

Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat menyerang semua golongan usia, termasuk anak muda. Kondisi ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes melitus tipe 1 terjadi karena penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Sementara itu, diabetes melitus tipe 2 muncul sebagai efek dari pola makan tidak sehat karena tidak bisa mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh.

Di usia muda, kebanyakan orang cenderung mempunyai pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, banyak anak muda yang lebih menyukai fast food dan makanan-makanan manis seperti donat, kue, hingga minuman boba dibandingkan mengkonsumsi makanan sehat. Jika kebiasaan tersebut tidak diubah, bisa menderita diabetes melitus di usia muda.

Secara umum, berikut beberapa kondisi yang menjadi ciri-ciri diabetes di usia muda yaitu mudah lapar, mudah haus, disfungsi ereksi bagi pria, pandangan kabur., lemahnya kekuatan otot, menurunnya gairah seksual, mudah lelah, perubahan suasana hati (Mood swing) secara tiba-tiba,  meningkatnya jumlah urin saat buang air kecil, terdapat luka membutuhkan waktu lama untuk sembuh dan kering.

Cara menangani diabetes di usia muda harus disesuaikan dengan jenisnya. Beberapa cara yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi diabetes, di antaranya suntikan insulin, konsumsi obat-obatan tertentu, menerapkan pola hidup sehat, lakukan medical check up secara berkala, dan segera konsultasikan dengan dokter bila merasakan gejala diabetes mellitus untuk segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img