30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Inovatif Dibidang Kesehatan, Menkes Apresiasi Payakumbuh
I

Kategori -

PAYAKUMBUH – Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Dr. Nila F Moeloek, SpM (K), apresiasi Pemko Payakumbuh di bawah kepempinan Riza Falepi, yang fokus dalam pembangunan bidang kesehatan. Pemko dinilai cukup inovatif, terutama mencegah warganya, agar tak mengidap penyakit degeneratif. Yaitu penyakit yang mengiringi proses penuaan, di antaranya, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan gagal ginjal.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (7/4), menginformasikan, konsep pembangunan kesehatan yang dilakukan selama ini, selain meneruskan program kepala daerah sebelumnya, juga melakukan terobosan, bagaimana melakukan tindakan pencegahan daripada pengobatan.

Program yang dilakukan itu, sebut Riza, dinilai pemerintah pusat sebuah langkah maju yang harus didorong terus menerus. Makanya, kota ini ditunjuk Menkes Nila Moeloek sebagai tuan rumah peringatan Hari Kesehatan Sedunia Terintegrasi 2015. Banyak kota yang jadi pilihan, tapi Menkes menunjuk Payakumbuh yang tepat untuk kegiatan ini, ungkap Riza.

Menurut walikota, mantan senator di DPD RI ini, konsep berpikir meningkatkan derajat kesehatan warga kota itu, cukup sederhana. Program yang baik dilakukan pemerintahan sebelumnya akan tetap dilanjutkan. Hanya saja, kebijakan yang dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan Payakumbuh, dalam dua tahun terakhir, bagaimana merubah pola pikir masyarakat, agar merubah pola makan dan gaya hidupnya secara sehat.

Dikatakan, mencegah datangnya penyakit degeneratif, adalah merubah cara hidup atau life style yang memungkinkan kita hidup sehat. Program menekan penyakit menular yang sudah dirintis pemko sebelumnya, akan tetap dipertahankan.

Tapi, berdasarkan evaluasi terkahir, yang menonjol di Payakumbuh atau hampir diseluruh kota/kabupaten di Sumbar, adalah penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke, diabetes dan gagal ginjal. Penyakit ini muncul sejalan dengan kemakmuran masyarakat, sehingga mudah mengkosumsi makanan yang berlemak tinggi. Gaya hidup seperti ini harus dirobah dan disosialisaikan terus menerus. Termasuk, mengajak masyarakat untuk tidak merokok, tegasnya.

Walikota menginkan, dengan merubah gaya hidup, terutama dengan menerapkan gaya makan yang benar, akan mampu mencegah penyakit degeneratif. Ketika mendapatkan pencerahan dari Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail, tentang pola makan yang benar, Payakumbuh juga akan membuat program one day no rice. “Kita akan sosialisasikan, agar masyarakat minimal dalam sepekan tidak makan nasi dalam sehari,” katanya.

Sehingga, dengan mengurangi porsi nasi, dan menggantinya dengan pangan lokal lainnya, pada gilirannya dapat meningkatkan ketahanan pangan. Maka, program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada beras akan mudah diwujudkan, katanya.

Tahun 2016 nanti, program baru yang akan diluncurkan, menyediakan dana pada setiap puskesmas, untuk pemeriksaan darah secara gratis. Setiap saat, warga dari awal dapat mengetahui keadaan kolesterol, gula darah dan fungsi organ lainnya, dengan pemeriksaan darah tersebut.

Menurut walikota, kalau organ tubuh, seperti gula darah, kolesterol, jantung, ginjal, lever dan lain-lain, tak diperiksa secara berkala, dapat berdampak kematian secara tiba-tiba. Pemeriksaan darah secara gratis, merupaka deteksi dini dari ancaman penyakit degeneratif.

Terhadap program sanitasi, kata walikota, akan tetap dilanjutkan terus. Target pemko, dalam dua tahun ke depan, Payakumbuh sudah 100% pelayan air bersih. Kemudian sampah akan dikelola dengan baik, serta pembangunan drainase akan berlanjut keseluruh kelurahan. Begitu juga terhadap ODF (open deputation free) atau stop buang air besar sembarangan, harus tuntas di tahun 2015.

Kunjungan Menkes Nila Moeloek ke Payakumbuh, salah satu di antaranya juga akan melakukan lounching ODF di Payakumbuh dan menerima dan mendengar deklarasi elemen masyarakat dalam program ODF dimaksud, jelas walikota didampingi Kadiskes Elzadaswarman, SKM, MPPE.

Keberanian Forum Kota Sehat dan Pokja Kota Sehat disetiap kecamatan, merazia jamban di atas kolam ikan, sebuah bentuk kepedulian dan tekad seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan program ODF. Sebagai solusinya, pemko menyediakan dana milyaran rupiah untuk membangun MCK Plus+ dibeberapa kelurahan. Dalam dua tahun terakhir telah 18 MCK Plus+ dibangun pemko pada lima kecamatan di Payakumbuh, simpul walikota. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Tanpa Kantongi Izin, Wako Erman Safar agar Pertimbangkan Pengoperasian RSUD Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintahan Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota, Erman Safar - Marfendi, agaknya perlu untuk mengkaji kembali...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...

Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Hari ini Bertambah Delapan Orang

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mencatatkan ada penambahan delapan kasus positif COVID-19 baru di daerah itu pada Rabu (2/12). Penambahan kasus tersebut...
- Advertisement -