27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Dalia Mogahed Ingin Banyak Muslim AS di Gedung Putih
D

Kategori -

WASHINGTON – Dalia Mogahed menempatkan dirinya dalam sorotan internasional ketika dia menjadi penasihat Presiden Amerika Serikat Barack Obama di bidang dunia Islam. Perempuan kelahiran Mesir tersebut adalah presiden dan direktur eksekutif Mogahed Consulting.

Berikut petikan wawancaranya dengan surat kabar An Nahar, dikutip dariNow, Jumat (10/10).

Mengapa Presiden Barack Obama menunjuk anda untuk bergabung dalam Dewan Antaragama Bidang Dunia Islam berfungsi menjembatani antara pemerintah federal dengan organisasi nonprofit?

Saya yakin saya ditunjuk karena riset yang saya pimpin di Gallup Center mengenai pendapat Muslim di dunia. Saya bukan bagian dari kampanye Obama atau aktif di Partai Demokrat. Saya dipilih berdasarkan pendidikan saya, bukan afiliasi politik.

Apa anda berpikir reputasi anda mendahului prestasi anda di Gedung Putih, karena anda adalah Muslim pertama dan berjilbab yang memegang posisi penting di pemerintahan Obama?

Ketenaran saya adalah misteri bagi saya. Posisi saya di Gedung Putih merupakan kehormatan besar, namun pengaruh saya tidak sebesar yang disampaikan media. Perempuan muda datang dan mengatakan pada saya bahwa saya menunjukkan kesuksesan bisa diraih dengan hijab atau tidak.

Bukankah tanggung jawabnya berat untuk memberitahu presiden Amerika mengenai opini dan cara berpikir seluruh komunitas Muslim?

Ya, tentu ini tanggung jawab yang besar, tapi saya tidak mengklaim berbicara untuk setiap Muslim! Saya hanya ingin menyampaikan apa yang dipikirkan Muslim dengan menggunakan riset survei ilmiah. Dengan alat tersebut, kita bisa mengetahui apa yang sebagian besar orang pikirkan dan rasakan, mendengar suaranya dan memahami mereka. Tugas saya menyampaikan informasi ini kepada dunia.

Anda mempelajari Teknik Kimia dan mendapatkan Master di Administrasi Bisnis. Bagaimana anda beralih dari dua bidang tersebut ke dunia riset?

Perjalanan karir saya menunjukkan anda tidak pernah tahu kemana hidup membawa anda. Saya memulai pekerjaan sebagai ahli teknik kimia, tapi saya kerap menulis mengenai Timur Tengah. Saya juga mendirikan organisasi untuk mengedukasi masyarakat di kawasan itu. Isu internasional selalu menjadi hasrat saya.

Setelah lulus, saya bergabung dalam penelitian Procter & Gamble mengenai konsumen. Saya takjub bisa mempelajari pandangan orang-orang dan mengubahnya menjadi gagasan produk. Saya lantas bergabung dengan Gallup Center. Saat ada proyek riset di seluruh dunia, saya meminta direktur membangun sebuah pusat penelitian Muslim.

Anda menulis bersama profesor John Esposito dalam buku Who Speaks for Islam? What a Billion Muslims Really Think. Apa yang sebenarnya mereka pikirkan?

Siapa yang berbicara untuk Islam? Miliaran Muslim. Gagasan buku itu adalah memberi orang biasa kesempatan menyuarakan pendapatnya kepada dunia, daripada membiarkan ekstremis yang berbicara. Tentu saja miliaran Muslim tidak berpikir yang sama. Namun, sebagian besar Muslim yang diteliti menunjukkan demikian. Muslim di dunia mendukung demokrasi, keadilan gender dan menolak kekerasan terhadap warga sipil. Kemarahan mereka terhadap AS disebabkan kebijakan AS, bukan prinsip.

Menurut anda, apa yang membuat Obama yang bukan Muslim mempekerjakan Muslim di Gedung Putih?

Pertanyaannya seharusnya mengapa presiden tidak memiliki lebih banyak Muslim di Gedung Putih dan pada posisi senior? Muslim Amerika adalah warga negara yang berkontribusi dan harus diwakili dalam proses pengambilan keputusan sama seperti kelompok lain.

Apa capaian terbesar Obama terkait dialog antaragama?

Saya pikir pencapaian terpenting Obama adalah mengarahkan hubungan Muslim-Barat menjauh dari agama dan menjadikannya arena politik.

Terkait meningkatnya Islamophobia di AS, studi menunjukkan penganut baru Islam juga melonjak. Bagaimana anda menjelaskan kontradiksi ini?

Saya sebenarnay tidak melihat kontradiksi. Islamophobia membuat orang penasaran terhadap Islam. Saat mereka mempelajarinya mereka menemukan kebenaran yang mengisi kekosongan jiwa mereka.

Sebagai perempuan berhijab, situasi tersulit apa yang pernah anda hadapi di AS?

Saat yang paling sulit bagi saya adalah setelah serangan 11 September, ketika masyarakat takut dan tidak yakin dengan masa depan. Tapi, alhamdulillah, saya terkejut dengan banyaknya dukungan dan solidaritas.

Sejumlah besar imigran Muslim mengambil keuntungan dari ekonomi, kesejahteraan dan penghidupan di negara maju. Namun, mereka mengkritik masyarakat ini. Apakah Anda tidak melihat semacam “skizofrenia” dalam perilaku mereka?

Saya pikir ini bukan kepribadian ganda. Menurut saya, ada positif dan negatif di setiap negara. Dan, kita tidak perlu mencintai atau membenci semua agar konsisten. Saya percaya penting untuk mengambil nilai sendiri dan mengevaluasinya. Tidak peduli dari mana nilai itu berasal. Peradaban Islam ditolak hanya karena ia asing. Setiap gagasan harus dievaluasi berdasarkan manfaatnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih Dari 2.500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini.

Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 27 sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini. Sarkofagus yang sudah...

Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki, BMKG Analisa Gempa Tektonik

Turki,  www.beritasumbar.com- Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Provinsi Izmir, Turki pada Jumat (30/10). Hanya saja badan bencana Pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9 poin dari...

Berdalih Karantina COVID-19, Migran Afrika Dibiarkan ‘Membusuk’ di Pusat Penahanan Arab Saudi

Salah satu negara terkaya di dunia, Arab Saudi, menahan ratusan bahkan ribuan Migran Afrika dalam kondisi mengenaskan. Penahanan ini berdalih sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Mirisnya, kondisinya...

New Normal, 71 Putra Terbaik dari Berbagai Negara Diwisuda di Yaman

Wisuda atau upacara pengukuhan bagi orang-orang yang menempuh pendidikan merupakan salah satu momentum terpenting yang dinanti-nanti mahasiswa, sebagai tanda resmi selesainya masa pendidikan di...

Bahas Potensi Laut, Universitas Terengganu Malaysia Undang Pakar Maritim Dan Kelautan IPB

Malaysia -Prof Rokhmin Dahuri Pakar Maritim dan Kelautan dari IPB diundang secara khusus oleh Universitas Terengganu Malaysia. Rokhimin Dahuri diundang untuk membahas secara detail...

Muhammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Indonesia pantas berbangga dengan lahirnya ilmuwan muda yang berhasil menggoncangkan dunia lewat penemuannya yang spektakuler yakni, Obat Kulit Bagi Manusia dan Hewan Luar dan Dalam. Sang...

Catatan Professional Fellows on Demand: Religious Freedom & Interfaith Dialogue (1)

Dari sebuah sudut di kamar The Fairfax, sebuah hotel tua di Washington, DC yang berdiri sejak 1921, saya mendapatkan satu kalimat bagus, yang bunyinya...

5 Tokoh Muslim Muda Australia Kunjungi SMART

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Jumat (07/02) kemarin, SMART Ekselensia Indonesia (SMART) kedatangan tamu jauh dari seberang benua. Ya, lima orang tokoh muslim muda dari Australia berkunjung ke SMART....

Teknologi Digital adalah Kunci Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Davos, Swiss, 29 Januari 2019 – Luohan Academy – institut riset terbuka yang diinisiasi oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA) – merilis laporan...
- Advertisement -