Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni mengirim Tim Bantuan Kemanusiaan Peduli Bencana Alam (TBKPBA) Kabupaten Padang Pariaman ke Kabupaten Solok Selatan yang sedang tertimpa bencana alam banjir bandang dan longsor, Jumat (13/12).

TBKPBA dipimpin Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Padang Pariaman, Syafriwal, S.E. didampingi Kepala Bagian Kesra Drs. H. Anwar, M.Si masing-masing bersama jajarannya.

Bersama TBKPBA ikut juga organisasi kemasyarakatan (ormas) Laskar Merah Putih (LMP) dipimpin langsung Ketua Markas Cabang Kabupaten Padang Pariaman Pepforil, S.H. bersama sejumlah anggota.

Rombongan TBKPBA diterima Sekretaris Dinas Kab. Solok Selatan Ernita Jumarni di Posko Utama Bencana Solok Selatan di Kantor Kecamatan Sungai Pagu.

Dalam sambutannya, Ernita Jumarni terharu atas kedatangan TBKPBA Padang Pariaman bersama LMP memperlihatkan kepeduliannya atas bencana alam yang menimpa Solok Selatan.

“Terimakasih kepada bapak Bupati Padang Pariaman beserta seluruh ASN dan LMP Padang Pariaman yang telah berpartisasi dan menunjukkan kepeduliannya atas bencana yang menimpa kami. Semoga Allah membalasnya dengan pahala berlipat ganda,” kata Ernita Jumarni disambut seruan aamiinn dari rombongan.

Menurut Ernita Jumarni, banjir bandang pertama terjadi pada 25 November lalu. Pagi tadi, (13/12) banjir bandang terjadi lagi dan lebih dasyat dari sebelumnya. Semua logistik sudah dibagikan kepada korban yg terpapar sebelumnya, “Alhamdulillah, bantuan dari Padang Pariaman adalah yg pertama datang dan segera di masak oleh team TAGANA Solsel,” ujarnya.

Sementara itu, Syafriwal menyampaikan pesan duka cita Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni kepada Pemkab dan masyarakat Solok Selatan yang sedang tertimpa bencana.

“Pak Bupati awalnya akan ikut bersama rombongan namun karena malam nanti ada jamuan makan malam dengan bapak Presiden di Balaikota Pariaman dalam rangka acara Hari Nusantara, kepada kami diminta untuk datang mewakili,” jelas Syafriwal didampingi Kabag Kesra dan Ketua LMP.

Bapak Bupati, sambungnya, sangat memahami kondisi saudara kami di Solok Selatan karena hampir semua daerah di Sumbar menjadi langganan bencana. “Tidak terkecuali Padang Pariaman yang pernah dihoyak gempa dahsyat tahun 2009 lampau, sehingga suasana kebatinan dan mental warga yang terkena bencana alam sangat dipahami bapak Bupati Ali Mukhni,” ujar Syafriwal.

Oleh karena itulah, sambung Anwar, beberapa hari setelah banjir bandang pertama, bapak Bupati memerintahkan Bagian Kesra untuk menggalang dana dan bantuan logistik kepada seluruh ASN guna membantu meringankan beban saudara kita di Solok Selatan.

Ketua LMP Padang Pariaman Pepforil yang juga mantan anggota DPRD Padang Pariaman menimpali, bahwa sudah sejak lama jiwa peduli masyarakat Padang Pariaman itu ada, sehingga setiap mendengar kabar kejadian bencana baik di Sumbar maupun luar Sumbar otomatis saja melakukan penggalangan dana termasuk ormas LMP. “LMP ini baru ada dua di Sumbar, Padang dan Kab. Padang Pariaman. Kami selalu turun ke jalan mengumpulkan sumbangan untuk disalurkan ke daerah bencana. Bersama Tim Pemkab Padang Pariaman kami ikut menyumbang walau hanya sedikit dari segi jumlah,” kata Pepforil didampingi anggotanya.

TBKPBA Padang Pariaman bersama LMP menyerahkan bantuan berupa: 1. Mie instant 20 kardus, 2. Popmie 15 kardus, 3. Gula 40 kg, 4. Teh 20 pak, 5. Kopi 20 kg, 6. Minyak goreng 20 liter, 7. Beras 200 kg, 8. Uang tunai dari ASN Padang Pariaman dan LMP. (bus/rel)

loading...