Beredar Informasi Ada Warga Limapuluh Kota Terpapar Covid-19, Ini Jawaban Dari Tim Gugus Tugas

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Minggu 3/5 malam sempat hangat di media sosial ada warga Limapuluh Kota terpapar/positif covid-19. Untuk tidak menjadi isu liar ditengah masyarakat para awak media Luak Limopuluah mencoba mencari informasi sebenarnya. Dibeberapa Group wa yang beranggotakan awak media, tokoh masyarakat serta tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota pun pertanyaan dilempar buat memastikan isue yang beredar tersebut.

baca juga: Payakumbuh Nambah 2 Kasus Positif Covid-19

Pertanyaan awak media mendapat jawaban dari Joni Amir Kalaksa BPBD LImapuluh Kota. berikut jawaban dari Joni Amir:

“Terkait dengan kasus yang terjadi di Payakumbuh yang berhubungan dengan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, tentu perlu kita sikapi terutma yang berkaitan dengan yang mengatakan positif atau negatifnya seseorang yang telah di periksa swabnya dan keluar hasil labornya pasti diumumkan ke publik.

Kemudian yang berkaitan dengan masyarakat yang ada kaitannya tadi, akan diperiksa swabnya di labor  RS Unand Padang, dari info yang di sampaikan tadi swab orang-orang itu akan diperiksa mulai Senin (4/5).

Kemudian bagi yang pernah kontak untuk mengisolasi mandiri di rumahnya dan akan diadakan tindakan kesehatan bagi warga kita tersebut jadi yang menentukan positif tidaknya warga kita itu adalah hasil swab dan labor.

Itu info yang disampaikan oleh dinas kesehatan, alhamdulilah sampai tulisan ini kami sampaikan belum ada di kabupaten Limapuluh Kota yang positif sesuai info dinkes.”

Sementara itu Deni Asra ketua DPRD Limapuluh Kota mengatakan tim gugus sudah menyiapkan tempat untuk karantina/isolasi bagi warga Limapuluh Kota,Dan tim gugus wajib memenuhi kebutuhan pokok warga yang sedang jalani isolasi tersebut. Satgaskab harus selalu siap 24 jam untuk melakukan penangan covid-19 di kabupaten Limapuluh Kota.

baca juga: Mulai Senin, Pusat Pasar Payakumbuh Ditutup Sampai 5 Hari Kedepan

Dengan adanya 6 orang warga Kota Payakumbuh positif Covid-19 maka satgaskab Limapuluh Kota harus meningkatkan kewaspadaan dan siap berjibaku dengan segala kondisi dan tantangan ke depan. Kabarnya warga Limapuluh Kota ada beberapa yang kontak langsung dengan pasien positif di kota payakumbuh, ini harus ditanggapi secara serius dan komprehensif oleh satgaskab Limapuluh kota untuk antisipasi penyebaran virus ini. Harus dilakukan tracking secara komprehensif dan akuntabel. dan Ketua DPRD Limapuluh Kota dari partai Gerindra ini juga menghimbau kepada masyarakat Limapuluh Kota untuk tidak menyebar informasi yang belum jelas kepastiannya. Sebaikanya tunggu konfirmasi dari tim gugus tugas. Minimal kepetugas terdekat seperti perangkat nagari atau puskesmas. Juga bagi warga yang berstatus ODP harap bisa patuh dalam menjalankan isolasi mandiri di rumah masing masing. Segera lapor ke puskemas atau posko covid jika merasa kurang enak badan tulis Deni Asra melalui pesan WA ke redaksi beritasumbar.com (*)

loading...