31 C
Padang
Rabu, Mei 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Nambah 2 Kasus Positif Covid-19
P

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Jumlah warga Kota Payambuh yang terdeteksi terinfeksi virus Covid-19 terus mengalamin penambahan. Hari ini Minggu 3/5 terdata ada dua orang penambahan. Dengan itu sampai hari ini sudah 6 orang dinyatakan positif covid-19 di Kota ini.
baca juga: 195 Warga Sumbar Terdeteksi Positif Covid-19, 5 Dinyatakan Sembuh
Riwayat kasus positif awalnya 1 orang dan dari hasil tracking bertambah 2, Ayah dan Anak. Makin di tracking ada di temukan 3 lagi, namun ini dua masuk data Kota Payakumbuh dan satu inisial J pedagang rokok di Pasar Payakumbuh masuk data Kabupaten Agam.
Penambahan kasus baru Positif di Kota Payakumbuh tersebut diumumkan Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal kepada wartawan saat Konferensi Pers melalaui Aplikasi Zoom, Minggu 3 Mei 2020. Selain Kepala Dinas Kesehatan, juga ikut mendampingi Asisten III Pemko Payakumbuh, Amriul dt. Karayiang, Kadis Kominfo, Jhon Kenedy, Kepala BPBD, Yufnany Away, Kepala Kesbangpol, Budi Permana, Kabid Kominfo, Hermanto.
“ Iya, kasus kita bertambah dua lagi, Kedua orang pasien positif Covid-19 berinisial DI (53 tahun) Laki-laki Pedagang, Warga Komplek Mutiara Karina, Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan dan DD (67 tahun) Laki-laki Warga Balai Jaring Air tabit Kecamatan Payakumbuh Timur. Dan kedua pasien dilakukan isolasi mandiri di rumah. Keduanya terpapar dari kasus pasien pertama H. E-M. Pasien DI terpapar virus tersebut di mushala dekat rumahnya yang juga dekat rumah H.E-M. Sedangkan DD juga terpapar dari H. E-M.
“Hasil pemeriksaan swab yang dilakukan pada tanggal 29 April 2020, baru kita terima tadi pagi dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Dan benar, Ada dua warga kita yang positif Covid-19 yang terpapar dari kasus pertama, H. E-M, “ucap Bakhrizal.
Ia juga menambahkan, penambahan dua kasus baru itu merupakan satu Kluster dengan H.EM yang pertama Positif Corona. ia juga menghimbau warga untuk menghindari kerumunan dan mematuhi aturan serta rajin cuci tangan.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kasus pertama Positif Corona atau Covid-19 diumumkan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kasus pertama tersebut dialami seorang pedagang berinisial H.EM yang merupakan warga Kecamatan Payakumbuh Selatan, tak berselang lama kasus kedua terjadi, anak dari H.EM berinisial AL yang sehari-hari beraktivitas di Pasar Payakumbuh juga diketahui Positif Corona, hal tersebut diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan dan tracking atau penelusuran terkait orang-orang yang pernah kontak dengan H. EM. Hasil pemeriksaan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan H.EM disebutkan Kepala Dinas Kesehatan bahkan telah mencapai angka 80 Sample.
Setelah H.EM dan AL, kasus Positif kembali terjadi, tak tangung-tanggung tiga orang warga diketahui Positif setelah keluarnya hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas. Ketiganya juga diketahui beraktivitas di pasar Payakumbuh dan pernah kontak dengan H.E. ketiganya adalah, A (Tukang Ojek Pangkalan), E (Pedagang) serta J (Pedagang Rokok), untuk J belakangan masuk dalam kasus Positif Corona di Kabupaten Agam.
baca juga: Mulai Senin, Pusat Pasar Payakumbuh Ditutup Sampai 5 Hari Kedepan
Untuk terus mengantisipasi bertambahnya jumlah pasien Positif di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menghimbau warga untuk mematuhi PSBB yang diberlakukan di Sumatera Barat sejak beberapa waktu lalu, selain itu warga juga diminta untuk melaporkan diri jika pernah kontak dengan orang-orang yang pernah kontak dengan warga yang Positif Corona itu. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img