Padang,BeritaSumbar.com,-Siapa yang tidak pernah mendengar kata Minangkabau? Salah satu etnik nusantara yang bukan hanya terkenal tentang makanannya, tetapi juga adat dan budayanya. Dalam sejarah pewarisan, dahulu seni dan budaya Minangkabau diwariskan secara non formal di surau atau yang sekarang kita kenal dengan masjid. Pada saat sekarang, sekolah-sekolah di lingkungan Sumatera Barat diamanahkan melalui peraturan daerah untuk mempelajari seni dan budaya Minangkabau di kelas-kelas secara formal melalaui mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM).

Salah satu sekolah yang menerapkan perda tersebut yaitu SDN No. 14 Pauh, Padang. Melalui wali kelas mata kuliah, guru mengatakan bahwa referensi dan bahan ajar mata pelajaran BAM sangat terbatas dan metode ceramah yang digunakan dalam proses belajar dirasa monoton. Hal ini menyebabkan suasana dalam proses belajar BAM menjadi kurang menyenangkan sehingga antusias peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran tersebut lebih rendah dibandingkan dengan  mata pelajaran wajib yang diujiankan secara nasional.

Sebelumnya, Kemendikbud sudah membuat media belajar yang disebut dengan “Rumah Belajar” yang dapat diakses melalui http://belajar.kemdikbud.go.id/. Namun, pada situs ini, untuk mendapatkan media berupa buku elektronik peserta didik harus login terlebih dahulu. Sedangkan yang mempunyai akses hanya guru pengajar. Pada situs tersebut juga belum terdapat media belajar yang memuat mengenai mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau.

Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Andalas yang terdiri dari Pepi Putri Utami, Muhammad Fikri (Teknik Elektro), Agung Wibowo Ardiyanta Surbakti, Pratama Halim (Sistem Komputer), dan Aulia Rahman (Sastra Minangkabau) dibawah bimbingan Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi membuat Si Buyuang sebagai media dengan inovasi baru dalam proses belajar mengajar BAM yang dapat diakses secara terbuka melalui http://www.sibuyuang.com/.

Si Buyuang merupakan sebuah website sebagai media pembelajaran BAM yang dirancang secara menarik yang dilengkapi dengan video interaktif, game edukatif dan teknologi Augmented Reality. Semua materi yang tedapat pada media pembelajaran Si Buyuang disesuaikan dengan kurikulum mata pelajaran BAM. Saat ini website memuat media pembelajaran untuk kelas 4 sekolah dasar dan akan dikembangkan lebih lanjut untuk kelas lainnya.

Media belajar untuk membantu pembelajaran BAM ini sedang melakukan proses pendaftaran di Kemenkumham melalui LPPM Universitas Andalas. Dimana, berkas pendaftaran sudah dimasukkan pada tanggal 20 Juni 2019.

Penulis :Pepi Putri Utami
Jurusan: Teknik Elektro Universitas Andalas

loading...