31 C
Padang
Senin, Desember 6, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Tenun Balai Panjang Dapat Pelatihan Diversifikasi Motif Dan Warna
T

- Advertisement -

Payakumbuh- beritasumbar.com – Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Dekranasda Kota Payakumbuh memberikan Pelatihan Diversifikasi Tenun, berlangsung selama satu minggu, 16 s/d 22 Juli 2019, bertempat di Sentra Tenun Balai Panjang, Tangah Padang Indah Payakumbuh Selatan.

Dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Palepi, didampingi Kadis Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri dan jajarannya, turut serta dalam acara tersebut Ketua LPM kelurahan Balai Panjang Doni Saputra, dengan Narasumber Designer Nasional Kepresidenan, ibu Tuty Adib.

Dalam sambutannya, Henny berharap dengan kehadiran Tuty Adib sebagai narasumber dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Nakerperin) tersebut diharapkan mampu menambah skill para pengrajin untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

“Kita yakin, beliau akan banyak memberi masukan dan saran bagi pengembangan produk tenun kita. Dari sudut pandang beliau sebagai designer nasional akan memberi nilai tambah produk yang sesuai dengan selera pasar fashion,” kata Henny.

Henny juga menambahkan, nantinya para peserta pelatihan diharapkan bisa lebih meningkatkan kapasitas produksi, karena yang masih menjadi kendala kita saat ini adalah kapasitas produksi, apalagi dengan banyaknya orderan seragam dinas, dan lebih kreatif dalam memadukan warna dan motif pada tenun, supaya tenun yang dihasilkan tidak terlihat pudar.” Ujar Henny.

Sementara, Kepala Dinas Nakerperin Wal Asri dalam laporannya, mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Kualitas dan Kuantitas agar produk tenun Balai Panjang bisa bersaing di pasar Rogional , Nasional maupun pasar luar negri.

Beliau juga sangat berterimakasih kepada ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, yang selama ini selalu fokus dalam perhatiannya terhadap tenun Balai Panjang ditengah kendala-kendala yang ada, sehingga kendala-kendala tersebut secara perlahan bisa diatasi.

Wal Asri sangat berharap kepada petugas THL dari Dinas untuk lebih meningkatkan berbagai kreasi dalam mendampingi peserta, supaya dari waktu kewaktu kualitas hasil tenun Balai Panjang semakin membaik.” Pungkasnya. (john.a)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img