23 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ancaman Mengintai Dunia Digital, Ini Kata Praktisi Hukum Padang Pariaman
A

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Rizky Yori Ardi, Praktisi Hukum Padang Pariaman menyebut ancaman yang siap mengintai di dunia digital salah satunya adalah hacking, cracking dan spamming.

“Ini akan membahayakan pengguna jasa internet. Data pribadi bisa diretas, dan finansial kita pun bisa dikurasnya,” kata Rizky dalam webinar Kominfo RI di Padang Pariaman, Kamis (26/8/2021).

Data pribadi di media digital atau media sosial, sambung dia, wajib sekali dilindungi agar terhindar dari penipuan.

“Masih banyak orang tak bertanggungjawab yang ingin memanfaatkan data kita. Oleh karena itu, perlindungan sangat penting tidak hanya di dunia nyata melainkan juga di dunia digital,” katanya.

Dijelaskan Rizky, ada beberapa hal yang harus dilindungi di dunia digital. Seperti data diri, tidak memposting KTP di media sosial, alamat rumah, termasuk nomor telepon apabila tidak untuk bisnis.

“Aktifkan beberapa fitur pengaman seperti OTP, password yang kuat, dan ganti password secara berkala. Bijaklah memposting informasi pribadi dan data pribadi di media sosial atau di ruang digital. Sebaiknya kita harus memahami juga aturan perundang-undangan yang berlaku agar terhindar dari tindak pidana,” pungkasnya.

Webinar itu juga diisi oleh para narasumber yaitu Bugi Satrio (Dosen sekaligus, Presenter TV dan Penyiar Radio), Kirsna Primanti (Guru SMK Yapari Aktripa dan Instruktur Penyelia Swasta Kemnaker RI), dan Akmal (Kepala SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam) serta Key Opinion Leader oleh Michelle Wandaseorang Aktris, Presenter, dan Influencer.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img