27.9 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek
Y

Kategori -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Ketua Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, Hj. Suarni Alif, SH dalam sambutannya mengatakan, yayasan ini, baru terwujud tahun 2020 ini. Namun perencanaan untuk mendirikannya, sudah sejak 2 tahun silam. Pendirian yayasan ini, berawal dari saran dan masukan salah seorang kakak tertua Basyaruddin Alif, agar tanah peninggalan kakek dan nenek yang berna Ar-Rasul dan Zainab, dapat dimanfaatkan untuk mencari Ridha Allah Swt.

Masukan dan saran tersebut, diterima dengan baik oleh anggota keluarga beradik kakak dan anak dan sesuai dengan nama yayasan Fi Sabilillah, artinya, bergerak dalam jalan Allah, intinya semua kegiatan yayasan bertujuan untuk mencari kasih sayang Allah dan bukan untuk usaha bisnis.

Lebih jauh disampaikan Suarni Alif, yayasan ini bergerak dibidang sosial sosial, menyelenga=garakan pendidikan keagamaan, baik formal atau pun non formal dan mendirikan rumah ibadah, pondok pesantren serta madrasah. Selain itu juga menerima dan menyalurkan amal zakat, infak dan sedekah kaum muslimin dan muslimat.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita mulai membangun rumah ibadah yaitu mendirikan mushalla berukuran 12×14 meter. Bangunan mushalla ini sampai seesai akan menelan biaya Rp. 500 juta rupiah, sebagai dana awal kami menghimpun sumbangan dalam keluarga. Kedepannya, kami sangat mengharapkan bantuan dan uluran tangan dari seluruh umat Islam dimana saja berada,” ujar Suarni Alif.

Ditambahkan Suarni Alif, diharapkan akan tumbuh menjadi pusat pendidikan keagamaan bagi masyarakat sekitarnya. Selain itu juga untuk dapat dipakai sebagai ibadah rutin (shalat berjemaah 5 watu ). Disamping itu dapat juga sebagai pusat aktitas pendidikan keagamaan bagi generasi muda, seperti Hafisd Al-Qur’an dan belajar kitab kuning.

Bupati Padang Pariaman, diwakili Sekcam Patamuan, Marjoni, memberikan apresiasi kepada pengurus Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, atas ini siatifnya untuk mendirikan rumah ibadah umat Islam ini. “Kami berharap, niat baik ini dapat didukung bersama-sama ,” ucapnya.

Ikut memberikan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, diwakili Kasi Bimas Adri Ahmad, s.Hi, Ketua MUI Padang Pariaman, H. Syofyan M, Tuanku Bandaro, KUA Patamuan, Kasmir, S.Ag dan Wali Nagari Tandikaek, Syaharuddin.
Terlihat hadir dalam acara itu, pemuka masyarakat Nagari Tandikek, Bujang Pandawa, SE, Bainsa, dan Babinkhamtibmas serta Ketua Bamus Nagari Tandikek, anggota majelis taklim.(aa/andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.
- Advertisement -