26 C
Padang
Minggu, Agustus 1, 2021
Beritasumbar.com

Wawako Sampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2013
W

Kategori -

Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar sampaikan nota penjelasan Walikota Payakumbuh tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2013 pada sidang Paripurna DPRD di ruang sidang utama DPRD Payakumbuh, Rabu (18/6).

Sidang paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD H. Suhaimi Birran, BA dan dihadiri oleh sejumlah anggota. Sementara itu dari kalangan eksekutif dan yudikatif, hadir pimpinan SKPD, camat, kepala kelurahan, anggota Muspida serta ormas, orpol dan LSM.

Mengawali laporannya, Wawako Suwandel Muchtar menyatakan bahwa APBD sebagai anggaran publik yang bersifat terbuka, maka Pemerintah Daerah setiap akhir tahun anggaran, wajib secara konstitusional membuat laporan pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan APBD dan menyampaikan kepada DPRD.

Dikatakan oleh Wawako, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2013, menyangkut pada tiga aspek pokok yakni Pendapatan, Belanja, dan Pembiayaan. Pada tahun 2013, dari sisi pendapatan daerah yang dianggarkan sebesar Rp. 540.841.212.100,00 terealisir sebesar Rp. 542.604.532.146,25 atau sebesar 100,33%. Dimana Pendapatan Asli Daerah memberikan kelebihan pencapaian target Pendapatan Daerah dari Rp. 52.735.850.900,00 yang dianggarkan, terealisasi sebesar Rp.54.177.950.840,25 atau 2,73%.

“Hal tersebut mengindikasikan bahwa dari sisi pendapatan secara umum, kita telah mampu meningkatkan kinerja dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber-sumber penerimaan yang mendukung tercapainya target penerimaan tersebut” jelas Wawako Suwandel.

Lebih lanjut dijelaskan Wawako dalam laporannya, dari sisi belanja daerah yang dianggarkan sebesar Rp. 570.263.760.419,00, terealisasi sebesar Rp. 512.840.670.449,00 atau 89,93%, dimana belanja operasi terealisasi sebesar 90,72%, belanja modal terealisasi sebesar 86,58%, sedangkan belanja tidak terduga untuk Tahun 2013 tidak teralisasi.

Wawako menyebut, “Walaupun Realisasi Belanja secara umum tidak mencapai 100%, namun realisasi pelaksanaan fisik dalam pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan pada Tahun Anggaran 2013 dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan”.

Sedangkan dari sisi pembiayaan daerah Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2013 untuk penerimaan pembiayaan yang merupakan SILPA tahun lalu digunakan untuk menutup defisit belanja tahun 2013 terealisasi sebesar 100,00% sedangkan untuk pengeluaran pembiayaan terealisasi 94,07 % yang merupakan Penyertaan Modal Pemerintah Kota Payakumbuh kepada Bank Nagari sebesar Rp. 8.060.000.000,00 kepada PDAM Rp. 500.000.000,00.

Wawako juga mengungkapkan dihadapan sidang paripurna berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI untuk audit Laporan Keuangan Pemerintah Kota Payakumbuh Tahun 2013 yang meliputi neraca, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan, BPK RI memberikan opini WDP.

Adapun pengecualian disini meliputi Sistem Pengendalian Intern berupa pengelolaan aset yang masih belum optimal pada beberapa SKPD serta pengelolaan retribusi daerah dan untuk kepatuhan pengecualiannya terletak pada Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan serta Pertanggungjawaban Belanja Perjalanan Dinas yang masih harus dibenahi lagi.

Wawako berharap permasalahan pada aset dan retribusi serta pelaksanaan belanja yang belum sesuai ketentuan ini hendaknya dapat menjadi perhatian bersama Pemko dan DPRD untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga pada tahun mendatang Kota Payakumbuh bisa memperoleh opini  WDP.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -