25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tingkatkan Penggunaan Daerah Irigasi Kelompok P3A Dilatih
T

Kategori -
- Advertisement -

Setengah dari luas kota Payakumbuh, merupakan area pertanian, khususnya daerah persawahan. Karena luasnya daerah pertanian ini, Pemko menargetkan produksi padi mencapai 10 ton/ha pada tahun 2014 ini. Untuk mencapai target tersebut, perlu didukung sarana dan prasarana yang memadai. Salah satunya adalah sarana irigasi. Menurut catatan, lebih kurang 5.211 ha areal yang tersebar di 5 Kecamatan, merupakan Daerah Irigasi (DI).

Pengelolaan sarana irigasi ini, perlu ditingkatkan, terlebih lagi Payakumbuh telah membentuk 60 Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang tersebar di beberapa kelurahan sejak 2013. Namun kenyataan di lapangan, kelompok P3A ini, masih memerlukan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan peran serta mereka dalam pengelolaan dan pengembangan irigasi ke depan. Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum bersama Dinas Tanaman Pangan dan Kehutanan Kota Payakumbuh, melakukan pelatihan pemberdayaan P3A ini di Hotel Mangkuto Kaning Bukik, selama dua hari, 18-19 Juni 2014.

”Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini meningkatkan kinerja dalam pengelolaan irigasi di tingkat usaha tani menuju organisasi perkumpulan petani pemakai air yang mandiri dan berkelanjutan. Yang nantinya, target Payakumbuh untuk bisa mencapai hasil produksi padi 10 ton/ha dapat tercapai” kata Asisten II, Amriul Dt. Karaiang ketika membuka acara itu.

Dikatakan, target produksi mencapai 10 ton/Ha bukanlah sebuah hal yang muluk-muluk. Target ini bisa tercapai apabila sarana dan prasarana, pengetahuan petani untuk mengelola lahan, serta komitmen Pemko saling mendukung satu sama lain. ”Terlebih lagi, masalah irigasi merupakan faktor penting dalam mencapai target tadi. Semakin terampil petani melalui kelompok P3A dalam mengelola sumber daya air, target tersebut bisa kita capai bersama” ujar Amriul lagi.

Selain itu, menurut Kadis PU, Muswendry Efites bersama Kabid Pengairan, Muslim, pelatihan dan pemberdayaan P3A ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kinerja P3A dalam pengelolaan irigasi di tingkat kelurahan masing-masing. “Para peserta berjumlah 95 orang yang terdiri dari Camat, Ketua KAN, serta perwakilan dari kelompok P3A” ujar Kabid Pengairan, Dinas PU Payakumbuh, Muslim, ST, M.Si.

Sebagai pemateri sendiri, tambah Muslim, adalah Kadis PU Payakumbuh, Muswendri Efites, Dr. Eri Gas Eka Putra dari Universitas Andalas, Ir. Muchril Munir dari pemerhati Sumber Daya Air (pensiunan PSDA Prov. Sumbar), serta Wal Asri dari Dinas Tanaman Pangan dan Kehutanan Kota Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img