25.2 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Warga Kota Padang Harapkan Pemerintah Segera Padamkan Titik Api
W

Kategori -

Padang – Sejumlah warga kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan pemerintah RI segera memadamkan titik api akibat kebakaran hutan sumber munculnya kabut asap pada beberapa wilayah.

“Presiden Jokowi sudah turun ke lapangan, sudah sepatutnya pemadaman titik api tersebut mulai dilakukan,” kata salah seorang warga Mawi, di Padang, Minggu.

Menurutnya pemadaman titik api tersebut harus dilakukan dalam waktu dekat karena dampak yang ditimbulkannya bukan hanya merugikan masyarakat dalam negeri saja melainkan juga luar negeri.

Hal ini katanya bisa mengganggu stabilitas antara RI dan negara tetangga.

“Bila masyarakat Indonesia saja yang terkena sudah biasa, tapi kalo masalahnya berimbas ke negara lain dapat mengancam hubungan kedua negara,” katanya.

Dalam hal ini kata dia, pemerintah daerah harus memiliki inisiatif untuk menangani permasalahan tersebut, selain menunggu instruksi presiden.

Sebagai contoh katanya kabut asap di Sumbar, meski titik api tidak banyak ditemukan dan hanya sebuah dampak kiriman namun pihak Pemda perlu juga proaktif membantu daerah lain.

Bentuk proaktif ini yakni melakukan konsolidasi dengan pemda lain seperti pengiriman tenaga pemadam kebakaran, staff ahli kebun dan hutan, atau Badan penanggulangan bencana.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat kabut asap telah menjadi bencana nasional bahkan berpotensi menjadi internasional,” ucapnya.

Warga lain Arlon Dison mengatakan pemerintah juga perlu meminta bantuan negara yang terpapar asap untuk menanggulangi titik api tersebut bila merasa tidak mampu menanganinya sendiri.

Dengan begitu katanya kedua negara sama mendapat keuntungan.

Sementara itu sebelumnya pakar kajian udara dari Ilmu Lingkungan Universitas Andalas Dr. Fadjar Goembira mengatakan bahwa untuk melakukan pemadaman titik api pada kebakaran hutan tidak mudah.

Sebab menurutnya selain berat secara teknis adanya kepentingan lain dan kebijakan tentang lingkungan di sekitarnya dapat menjadi faktor penghambatnya.

Meskipun demikian bila pemerintah mampu berkonsolidasi dengan berbagai pihak titik api tersebut dapat dipadamkan. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -