25.9 C
Padang
Sunday, November 1, 2020

TPA Surau Tunggang Limapuluh Kota Khatam 18 Santri

Sarilamak – Taman Pendidikan Alquran (TPA) Surau Tunggang, Kenagarian Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, menggelar khatam Quran yang diikuti 18 santri sekolah itu.

“Mereka yang khatam Quran ini adalah yang telah menamatkan Alquran 30 Juz, serta enam Iqra’,” kata pengajar TPA Surau Tunggang, Risna R (68) di Sarilamak, Sabtu.

Ia mengatakan dalam acara khatam Quran itu para santri melakukan pembacaan Alquran, dan mengikuti acara bararak. Bararak adalah berjalan beriring-iringan dengan jalan kaki secara bersama-sama.

“Pada pagi hari para santri bararak dulu sekeliling nagari, kemudian pada siang hingga sore mengaji di Surau Tunggang, tempat digelarnya acara,” katanya.

Risna berharap setelah khatam Quran itu para santri tidak berhenti membaca kitab suci, dan terus meningkatkan membaca sehingga bisa khatam berulangkali.

Ia menyebutkan, acara khatam Quran rutin dilakukan dalam jarak waktu dua tahun sekali. Saat ini di TPA itu berjumlah ada sebanyak 40 santri yang masih belajar mengaji.

Salah satu orang tua murid yang khatam Quran, Nur Indra (48) mengaku senang dengan khatamnya sang anak Hilma yang saat ini duduk di bangku kelas enam Sekolah Dasar (SD).

“Sebagai umat muslim, khatamnya seorang anak membaca Alquran adalah kebanggan. Semoga setelah khatam ia selalu rajin mengaji,” jelasnya.

Sebelumnya, TPA Surau Tunggang adalah tempat pengajian yang dikelola secara turun temurun oleh keluarga Risna R, berawal dari sang ibu Hj Zubaidah (almarhum). Tempat pengajian itu telah mengkhatamkan ratusan murid sejak 1998.

Di TPA Surau Tunggang selain membaca kitab suci, para murid juga diajarkan praktek shalat, adzhan (laki-laki), dan pada 2016 direncanakan akan ada kelas hafiz Alquran.

Dalam belajar mengaji para murid tidak dimintai biaya apa pun, baik bulanan maupun harian.

“Tidak ada pembayaran yang dikenakan kepada para siswa. Kalau untuk menggaji para guru tanggung jawab kami, sekarang ada tiga guru, termasuk saya,” katanya.

Ia menyebutkan, para murid yang mengaji adalah para siswa SD masuk kelas pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dan libur hari minggu.

“Setelah pulang sekolah mereka datang untuk mengaji dan saat ini murid tidak hanya berasal dari Kenagarian Kubang, namun juga dari kenagarian lain,” katanya. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari (FASBANA) Kota Pariaman adakan MUBES Petama

Pariaman, BeritaSumbar.com,- Afriade selaku Founder FASBANA, menjelaskan bahwa Fasbana ini dibentuk atas kekhawatiran sekelompok pemuda dan anak mudo sekarang ini, mulai jauh...

Cerdik, Camat Payakumbuh Timur Genjot Penerimaan PBB lewat Program BPUM

Payakumbuh, --- Perpanjangan masa pendaftaran warga calon penerima bantuan presiden (Banpres) produktif bagi usaha mikro atau Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM)...

Omnibus Law, Simalakama Kaum Buruh Dan Angin Segar Pengusaha

Omnibus law adalah melakukan penyederhanaan, pemangkasan dari sekian banyak peraturan perundang-undangan yang ada saat ini dan mengatur ulang beberapa ketentuan dalam undang-undang...

Berkunjung Ke Padang Pariaman, Ini Yang dilakukan Koordinator Divisi Data KPU Provinsi Sumbar

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Koordinator Divisi Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, Indra monitoring Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kayu Tanam, DPT...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

KPU Sumbar Optimis Partisipasi Pemilih Meningkat di Pilkada Serentak 2020

Payakumbuh, BeritaSumbar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat tetap optimis partisipasi pemilih menggunakan hak pilihnya akan meningkar di Pemilihan Kepala Daerah...

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi

Payakumbuh, www.beritasumbar.com - Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh pecah rekor, dimana pada pada Jumat, 30/10 terkonfirmasi 30 orang warga positif virus corona...

Umumkan Hasil Seleksi CPNS, Pemko Padang Berikan Masa Sanggah Tiga Hari

Padang,beritasumbar.com - Perserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Padang, yang tidak lulus seleksi bisa melakukan sanggah dalam waktu tiga hari...

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...
- Advertisement -