24.9 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Ali Yusuf Ajak Warga Maknai Pancasila
W

Kategori -

Sawahlunto – Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Ali Yusuf mengimbau warga masyarakatnya memaknai Pancasila secara menyeluruh, serta mengamalkan nilai-nilai luhurnya sebagai dasar pengabdian untuk negara.

“Penerapannya juga harus diiringi semangat cinta tanah air dan memiliki rasa kebanggaan menjadi bagian dari bangsa yang besar ini,” kata dia di Sawahlunto, Senin.

Menurut dia, perilaku hidup bergotong royong, saling hormat menghormati serta sikap tegas dalam menjaga keutuhan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, adalah modal utama yang harus dijaga keberlangsungannya di setiap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan, pada era pemerintahannya berbagai upaya terus dilakukan dalam membangkitkan kembali rasa cinta tanah air, salah satunya dengan mewajibkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, di setiap awal kegiatan oleh jajaran Pemerintah Kota Sawahlunto.

“Tujuannya adalah untuk mengingatkan keberadaan kita semua sebagai rakyat dari sebuah negara yang merdeka, dan harus dibela kehormatannya melalui karya-karya yang dilahirkan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat luas,” kata dia.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan mental yang berkarakter Pancasila juga dituangkan dalam program Magrib Mengaji, serta imbauan untuk berprilaku hidup bersih dan bergotong royong membersihkan lingkungan.

Khusus bagi unsur di Pemkot Sawahlunto, pihaknya juga membentuk tim khusus untuk memantau bagaimana prilaku hidup bersih dan program magrib mengaji itu, juga dilaksanakan secara rutin oleh seluruh aparatur sipil negara di kota itu.

“Bagi yang kedapatan tidak melaksanakan, akan diberi teguran dan sanksi lainnya karena mustahil mengharapkan kepatuhan dari masyarakat kalau aparaturnya tidak memberikan contoh yang baik,” tegasnya.

Menurut dia, ketika semangat cinta tanah air sudah melekat kuat sebagai karakter bangsa, ditambah dengan keberanian dan semangat untuk melahirkan karya-karya besar dalam mengisi pembangunan oleh seluruh pihak, tentu akan menjadikan negara Indonesia semakin jaya dan berwibawa sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Tujuan itulah yang terkandung dalam Pancasila dalam kedudukannya sebagai falsafah hidup bangsa serta sumber dari segala sumber hukum,” kata dia.

Tepat hari ini, 1 Juni, Negara Republik Indonesia memperingatinya sebagai hari kelahiran dasar negara, Pancasila, yang merupakan rumusan dari nilai-nilai kehidupan rakyat Indonesia, sejak dahulunya.

Pancasila diperkenalkan pertama kalinya melalui pidato Ir Soekarno, pada rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI, Dr Radjiman Wedyodiningrat, dalam kata pengantar buku berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Waktu itu, Pancasila yang diperkenalkan terdiri dari lima pokok pikiran, yakni berketuhanan yang maha esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, bersatu dan teguh menjaga persatuan sebagai bangsa Indonesia, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam kehidupan demokrasi, serta tekad mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia yang merdeka dan bebas dari pejajahan bangsa lain.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -