25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

UBH Terima 2.600 Mahasiswa Baru
U

Kategori -

Padang – Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, pada tahun akademik 2015/2016 akan menerima 2.600 orang mahasiswa/i baru untuk 24 program studi Sarjana (S1)/Diploma III (D3) dari tujuh fakultas yang ditawarkan.

Rektor UBH Padang Prof Dr Niki Lukviarman SE Akt di Padang, Senin, mengatakan kampus itu telah membuka Pendaftaraan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016.

Menurut dia, pendaftaran dapat dilakukan dalam jaringan (online) dengan alamat situs spmb.bunghatta.ac.id.

Ia menambahkan untuk penerimaan mahasiswa baru ini dibuka tiga gelombang, untuk gelombang I sudah siap dilanjutkan untuk gelombang II dari 1 Mei 2015 hingga 26 Juni 2015.

Sedangkan pengumuman kelulusan seleksi untuk gelombang I dan II pada 27 Juni 2015 serta daftar ulang pada 29 Juni 2015 hingga 10 Juli 2015.

Untuk pendaftaran gelombang III dimulai lagi 27 Juni 2015 hingga 5 Agustus 2015 kemudian pengumumannya 6 Agustus 2015 dan daftar ulang pada 7 hingga 14 Agustus 2015.

Ia mengatakan penerimaan mahasiswa baru di UBH tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes, akan tetapi melalui penjaringan nilai saja dari nilai rata-rata rapor semester satu hingga lima dan hasil nilai Ujian Nasional (UN).

Soal proses pendaftaran, tambahnya, calon mahasiswa cukup datang ke Bank Nagari untuk mendapatkan PIN yang terdiri dari username dan password untuk melakukan registrasi pendaftaran dengan membayar Rp150 ribu untuk gelombang I, Rp200 ribu untuk gelombang II dan Rp250 ribu untuk gelombang III.

“Namun, jika di daerahnya tidak ada Bank Nagari, calon mahasiswa dapat menghubungi sanak saudaranya untuk membelikan formulir ke Bank Nagari terdekat dan mengirimkan PIN pendaftaran tersebut,” ujarnya.

Rektor mengatakan untuk penerimaan mahasiswa baru UBH Tahun Akademik 2015/2016 dibebani biaya uang kuliah dengan kisaran Rp5,5 juta hingga Rp7,5 juta tergantung dengan program studi pilihan calon mahasiswa.

“Biaya tersebut dipaket menjadi satu yang termasuk di dalamnya uang pembangunan, uang kuliah semester satu, biaya PPKMB, jaket, buku pedoman, asuransi kesehatan, perpustakaan dan ICT,” katanya.

Dengan biaya tersebut mahasiswa tinggal kuliah saja dan tidak akan dimintai biaya-biaya lain lagi, tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada calon mahasiswa agar lebih cermat dalam memilih perguruan tinggi terutama dalam melihat mutu akademiknya dimana program studinya telah terakreditasi atau belum terakreditasi oleh BAN-PT.

“UBH sendiri 85 persen program studinya telah terakreditasi ‘B’ oleh BAN-PT. Untuk saat ini juga tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta sehingga para calon mahasiswa dan orang tua dapat lebih cermat dalam memilih program studi yang telah terakrditasi pada perguruan tinggi tersebut,” ujarnya.

Informasi lebih lengkapnya mengenai penerimaan mahasiswa baru UBH, ia mengingatkan, calon mahasiswa dan orang tua dapat mengubungi call center UBH kepada Indrawadi (08126732774), Riswandi (081363416227) dan Bayu (081947555359) atau dapat langsung ke Kampus Proklamator I UBH di jalan Sumatra Ulak Karang Padang.

Peminat bisa juga mengunjungi situs UBH di bunghatta.ac.id dan Penerimaan Mahasiswa baru di spmb.bunghatta.ac.id. Untuk akun sosial media grup Facebook Berita Terbaru Universitas Bung Hatta dan Twitter/Instagram @beritabunghatta.

 

Sumber: Antara/Oleh Hendra Agusta
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -