23 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

UBH Terima 2.600 Mahasiswa Baru
U

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, pada tahun akademik 2015/2016 akan menerima 2.600 orang mahasiswa/i baru untuk 24 program studi Sarjana (S1)/Diploma III (D3) dari tujuh fakultas yang ditawarkan.

Rektor UBH Padang Prof Dr Niki Lukviarman SE Akt di Padang, Senin, mengatakan kampus itu telah membuka Pendaftaraan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016.

Menurut dia, pendaftaran dapat dilakukan dalam jaringan (online) dengan alamat situs spmb.bunghatta.ac.id.

Ia menambahkan untuk penerimaan mahasiswa baru ini dibuka tiga gelombang, untuk gelombang I sudah siap dilanjutkan untuk gelombang II dari 1 Mei 2015 hingga 26 Juni 2015.

Sedangkan pengumuman kelulusan seleksi untuk gelombang I dan II pada 27 Juni 2015 serta daftar ulang pada 29 Juni 2015 hingga 10 Juli 2015.

Untuk pendaftaran gelombang III dimulai lagi 27 Juni 2015 hingga 5 Agustus 2015 kemudian pengumumannya 6 Agustus 2015 dan daftar ulang pada 7 hingga 14 Agustus 2015.

Ia mengatakan penerimaan mahasiswa baru di UBH tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes, akan tetapi melalui penjaringan nilai saja dari nilai rata-rata rapor semester satu hingga lima dan hasil nilai Ujian Nasional (UN).

Soal proses pendaftaran, tambahnya, calon mahasiswa cukup datang ke Bank Nagari untuk mendapatkan PIN yang terdiri dari username dan password untuk melakukan registrasi pendaftaran dengan membayar Rp150 ribu untuk gelombang I, Rp200 ribu untuk gelombang II dan Rp250 ribu untuk gelombang III.

“Namun, jika di daerahnya tidak ada Bank Nagari, calon mahasiswa dapat menghubungi sanak saudaranya untuk membelikan formulir ke Bank Nagari terdekat dan mengirimkan PIN pendaftaran tersebut,” ujarnya.

Rektor mengatakan untuk penerimaan mahasiswa baru UBH Tahun Akademik 2015/2016 dibebani biaya uang kuliah dengan kisaran Rp5,5 juta hingga Rp7,5 juta tergantung dengan program studi pilihan calon mahasiswa.

“Biaya tersebut dipaket menjadi satu yang termasuk di dalamnya uang pembangunan, uang kuliah semester satu, biaya PPKMB, jaket, buku pedoman, asuransi kesehatan, perpustakaan dan ICT,” katanya.

Dengan biaya tersebut mahasiswa tinggal kuliah saja dan tidak akan dimintai biaya-biaya lain lagi, tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada calon mahasiswa agar lebih cermat dalam memilih perguruan tinggi terutama dalam melihat mutu akademiknya dimana program studinya telah terakreditasi atau belum terakreditasi oleh BAN-PT.

“UBH sendiri 85 persen program studinya telah terakreditasi ‘B’ oleh BAN-PT. Untuk saat ini juga tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta sehingga para calon mahasiswa dan orang tua dapat lebih cermat dalam memilih program studi yang telah terakrditasi pada perguruan tinggi tersebut,” ujarnya.

Informasi lebih lengkapnya mengenai penerimaan mahasiswa baru UBH, ia mengingatkan, calon mahasiswa dan orang tua dapat mengubungi call center UBH kepada Indrawadi (08126732774), Riswandi (081363416227) dan Bayu (081947555359) atau dapat langsung ke Kampus Proklamator I UBH di jalan Sumatra Ulak Karang Padang.

Peminat bisa juga mengunjungi situs UBH di bunghatta.ac.id dan Penerimaan Mahasiswa baru di spmb.bunghatta.ac.id. Untuk akun sosial media grup Facebook Berita Terbaru Universitas Bung Hatta dan Twitter/Instagram @beritabunghatta.

 

Sumber: Antara/Oleh Hendra Agusta
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img