28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Kebudayaan Malaysia Akan Semarakan “Pagaruyung Fair”
K

Kategori -

Batusangkar – Kebudayaan Malaysia akan menyemarakan pagelaran “Pagaruyung Fair” di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), pada 3-7 Juni 2015.

“Kebudayaan Negeri Johor Malaysia akan tampil pada pembukaan Pagaruyung Fair di Lapangan Cindua Mato Batusangkar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Datar Marwan di Batusangkar, Senin.

Selain itu, kesenian dari Taluak Kuantan, Kabupaten Kuantan Sengingi, Provinsi Riau, juga akan ambil bagian pada pesta rakyat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar sebagai ajang promosi budaya dan pariwisata daerah itu.

Marwan menyebut Tanah Datar merupakan salah satu destinasi wisata di Sumbar yang mempunyai banyak objek wisata baik wisata budaya, alam, maupun sejarah.

“Semua objek wisata itu menjadi daya tarik para wisatawan berkunjung ke Tanah Datar,” katanya.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata, pihaknya setiap tahun melakukan pengembangan sarana dan prasarana serta promosi wisata secara bertahap.

Pagelaran Pagaruyung Fair akan diisi berbagai kegiatan seperti parade aero show, pawai budaya, festival randai, Batusangkar Expo, lomba seni budaya, pameran foto, lomba masakan kas Minang, pacu jawi, festival salawat dulang, lomba layang-layang dan burung berkicau.

“Beberapa kegiatan ditunda pelaksanaannya seperti gelanggang silih baganti (GSB), lomba lagu Minang, kontes batu akik, dan gerak jalan santai wisata,” kata Marwan.

Ia mengharapkan masyarakat dapat meramaikan kegiatan tersebut sehingga adat dan budaya Minangkabau dapat lestari dan menjadi ikon utama kunjungan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Kabag Humas Setdakab Tanah Datar Afriyanti Rustam mengharapkan masyarakat Tanah Datar ikut berpartisipasi mengembangkan pariwisata dan kebudayaan daerahnya sendiri.

“Kami bersyukur bahwa Tanah Datar memiliki sumber daya alam, budaya dan industri rumah tangga yang banyak dalam menunjang pengembangan pariwisata ke depan,” katanya.

Ia menuturkan beberapa objek wisata yang cukup diminati wisatawan adalah Istano Basa Pagaruyung, Lembah Anai, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, Tanjung Mutiara, Batu Angkek-Angkek, Batu Batikam, Batu Basurek, Rumah Tuo Balimbiang, Nagari Tuo Pariangan, Bukik Shaduali, dan Aie Angek Padang Ganting.

 

Sumber: Antara/Oleh Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -