Pasaman Barat,BeritaSumbar.com,-Tim KUKERTA relawan Universitas Riau melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 dan persiapan new normal di SMPN 6 Lembah melintang , tepatnya di Jorong situak pada Jumat 19 Juni 2020 lalu yang bertepatan dengan kegiatan penerimaan raport di sekolah tersebut. Selama diterapkannya kebijakan belajar dari rumah oleh KEMENDIKBUD,SMP Negeri 06 Lembah Melintang sama dengan lainnya yang ada di Indonesia,yakni melaksanakan proses belajar dari rumah bahkan ujian akhir sekolah juga dilaksanakan dirumah masing-masing. Namun untuk penerimaan raport sendiri,pihak sekolah memiliki keinginan untuk bertemu langsung dengan orang tua atau wali murid sehingga dapat membicarakan secara langsung tentang perkembangan pesrta didik dalam semester ini.

Tim KUKERTA relawan Lembah Melintang mengamil kesempatan ini untuk melakukan sosialisasi kepada murid sekolah dan juga para orang tua yang hadir. Meskipun Jorong Situak berada lumayan jauh dari Ujung Gading yang merupakan pusat keramaian dari Kecamatan Lembah Melintang. Akan tetapi dirasa tetap diperlukan kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga diri dimasa pendemi ini.

Dalam sosialisasi ini ada dua hal penting yang ditekankan oleh tim KUKERTA. Pertama, pentingnya mencegah penularan covid-19 dengan menjalani pola hidup yang bersih dan sehat, Yunita selaku pemicara dari sosialisasi menekankan kepada orang tua untuk mengawasi kebersihan anak-anaknya dan juga mencuci semua barang yang dibeli dari pasar. Hal ini dikarenakan sebagian sebesar barang yang diperjualbelikan berasal dari daerah rawan covid-19.

Himma selaku pembicara kedua yang menjelaskan tentang persiapan new normal menekankan tentang hal-hal yang harus dilaksanakan untuk menjalankan new normal kedepannya. Seperti harus tersedianya tempat cuci tangan disekolah, kemudian murid tidak disarankan memakai barang secara bersamaan.  Pak Suta Hardi selaku kepala sekolah juga menambahkan akan pentingnya kesadaran dari masyarakat tentang berbahayanya covid-19 ini. Sehingga harus mawas diri dengan menjalani hidup sehat dan juga kebersihan. Ia juga berharap untuk kelancaran penerapan new normal di sekolah pada semester depan. Sehingga sekolah bisa dilangsungkan secara tatap muka kembali.

Toto selaku ketua tim KUKERTA mengatakan bahwa mereka berharap dengan adanya sosialisasi ini sedikit banyaknya dapat menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah penularan Covid-19, sehingga masyarakat dapat menjaga diri dan penyebaran covid-19 benar-benar dapat dicegah bersama.(*)

loading...