Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, Tim mahasiswa Univesritas Riau yang tergabung dalam  satuan tugas (satgas) penanganan COVID-19 di kecamatan lembah melintang membuat masker yang bekerja sama dengan salah satu penjahit di Ujung Gading. Salah satu cara mencegah penyebaran virus corana adalah dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Masker kain yang dibuat akan dibagikan di pasar raya Ujung Gading. Mengingat pasar raya ujung gading merupakan pasar terbesar  di kecamatan lembah melintang yang hingga saat ini masih ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Bahan yang digunakan dalam membuat masker seperti kain katun dengan ukuran  20 x 18 dan 10 x 8 lalu karet sebagi tali masker. Adapun alat yang digunakan seperti mesin jahit, gunting, jarum dan alat pengukur kain (meteran).

Untuk kemasannya digunakan plastik. Ibu yang membantu tim KUKERTA membuat masker menuturkan bahwa masker yang sudah jadi sebelum dikemas terlebih dahulu disterilkan dengan cara disetrika dan disemprotkan dengan alkohol dan pewangi.

Tim KUKERTA yang terlibat dalam pembuatan masker juga membuat tutorial membuat masker kain yang akan di upload di kanal Youtube Relawan Covid Lembah Melintang 2020.

Pembagian masker dilakukan beberapa hari lalu. Masker pertama kali dibagikan kepada tukang becak. Menurut Ajran selaku wakil ketua masker perlu dibagikan kepada tukang becak karena saat bekerja pasti akan melakukan interaksi dengan penumpang becak.

Kemudian masker dibagikan kepada pedangang di pasar raya Ujung gading, barang yang diperjualbelikan sebagian besar berasal dari luar daerah Ujung gading seperti pakaian dan sayur-sayuran. Menurut Toto selaku ketua tim masih banyak tukang becak dan pedagang sayur yang tidak menggunakan masker.

Harapannya dengan pembuatan dan pembagian masker dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan masker setiap melakukan aktivitas diluar rumah. Ibarat pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu dengan adanya Video tutorial pembuatan masker yang dapat di upload di kanal Youtube Relawan Covid Lembah Melintang 2020 dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang cara membuat masker kain sehingga dapat diaplikasikan secara nyata.(*)

loading...