25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Tim PKM Biologi Unand dan BaSE KMDM Gelar Kerja Sama Pelatihan Budidaya Maggot BSF
T

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Andalas (Unand) dengan Ketua Dr. Resti Rahayu, S.Si., M.Si., bekerja sama dengan Bank Sampah dan Ecoenzyme – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (BaSE – KMDM) dengan Direktur Rio, S.P., menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Teori dan Praktek Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga” pada Sabtu, 6 Maret 2021 di Rumah Maggot, Belimbing Baru Indah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rumah Maggot tersebut dikelola langsung oleh Resti Rahyu yang akrab dipanggil Ayu. Sedangkan BaSE KMDM yang pengurusnya adalah kaum muda milenial yang juga berkoperasi di KMDM menjadi panitia yang mengorganisir acara dan merekrut para peserta pelatihan sekaligus menentukan aturan selama pelatihan.

Para peserta pelatihan tersebut terdiri dari para Pengurus BaSE KMDM yang menurut Rio (akrab dipanggil Lider) dimaksudkan untuk membangun kapasitas mereka untuk mampu memahami, mempraktekkan, dan melatih masyarakat umum dalam budidaya maggot BSF. Selain itu, pesertanya juga masyarakat umum khususnya para produsen (petani, peternak, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah) dan konsumen (yang biasa berbelanja di) Pasar Rabu Tani (PRT) KMDM yang dibatasi hanya 15 sampai 20 orang dengan protokol kesehatan seketat mungkin terkait pandemi Covid-19.

Selama pelatihan, baik para narasumber dan peserta diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, dan seterusnya. Lider mengatakan bahwa pelatihan ini memang menjadi salah satu program BaSE KMDM selain mengelola sampah non-organik dari setiap rumah tangga masyarakat di Kota Padang, juga membuat eco enzyme, eco brick, dan lain sebagainya.

Black Soldier Fly atau hermetia illucens (latin) atau Lalat Tentara Hitam (indonesia) adalah salah satu jenis lalat di dunia yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi manusia. BSF adalah jenis lalat yang bukan merupakan vector penyakit seperti lalat hijau atau lalat sampah, yang hinggap dan makan pada tumpukan sampah, tapi jenis lalat yang bersih.

Ayu mengatakan bahwa maggot BSF adalah agen pengurai materi organik yang memiliki kemampuan mengurai lebih baik dibandingkan dengan organisme lainnya yang memiliki biomassa dengan kandungan protein dan lemak tinggi. Dengan adanya kandungan protein sebesar 45-50 persen, sementara makanan yang mengandung protein kasar sebesar 19 persen, maka dapat dijadikan sebagai sumber protein hewani untuk pakan ternak.

Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T., sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand merespon kegiatan tersebut dengan baik dan berharap kegiatan tersebut berkelanjutan dan semakin meningkat, bahkan kalau bisa menjadi bisnis besar dan ada di banyak tempat. Sebagaimana kata Ayu, bahwa budidaya maggot BSF selain untuk skala rumah tangga, juga bisa menjadi skala industri untuk diolah menjadi pelet ayam, pelet ikan, hewan peliharaan, dan lain-lain.

Eli Ratni, S.Pt., M.P., sebagai Pengurus KMDM sekaligus Direktur PRT KMDM menyambut baik pelatihan ini dengan menyatakan bahwa KMDM memang diciptakan sebagai bentuk penyediaan lapangan penelitian dan pengabdian masyarakat berkelanjutan bagi para akademisi karena melalui PRT KMDM juga terhimpun masyarakat umum sebagai produsen dan konsumen yang setiap hari terhubung dalam rantai perekonomian.

Di antara para peserta pelatihan tersebut adalah Yuherman, seorang peternak sapi dan ayam yang juga ketua sebuah kelompok tani di sekitaran Limau Manis, Kota Padang. Menurut pengakuannya, dia sudah lama ingin belajar soal budidaya maggot BSF ini dan merasa bersyukur BaSE- KMDM menyelenggarakannya dan dia bisa ikut.

Pak Ang (begitu dia biasanya disapa), berkeinginan untuk menghasilkan pakan ternaknya secara mandiri sehingga lebih efisien dalam produksinya. Sedangkan Brian Permana, seorang patani muda milenial sayur hidroponik dan aquaponik dengan merk dagang Hidroponik 55 di Cupak Tangah, Pauh, Kota Padang, juga berharap dari keikutsertaannya dalam pelatihan ini, bisa mengefisienkan pakan ikan dalam proses produksinya.

Menariknya, dalam pelatihan ini semua peserta diajak untuk mempelajari teori tentang budidaya maggot BSF ini setuntas mungkin dari awal sampai akhir. Peserta juga diajak untuk mempraktekkan langsung pembudidayaannya dengan disediakan bahan-bahan dan peralatannya dengan cukup lengkap. Kemudian, peserta juga diajak melihat langsung hasil-hasil budidaya dari setiap tahapan sampai kemudian pemanenan dan pengolahan maggot BSF untuk pakan ternak dan pengemasannya sehingga siap untuk dijual atau dipasarkan.

Selain itu dalam pelatihan tersebut juga disampaikan mengenai hukum halal dan haramnya tentang maggot BSF ini oleh seorang Ustadz yang sengaja diundang untuk hadir dan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta. Menurut beliau, maggot BSF pada dasarnya haram untuk dikonsumsi oleh manusia, namun dibolehkan untuk konsumsi ternak dan hewan peliharaan.

Oleh: Virtuous Setyaka, Dosen HI FISIP Unand & Ketua KMDM.         

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Wakil Ketum DPN LPPKI Meraih Gelar Doktor

Padang,BeritaSumbar.com,- Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan Dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DPN-LPPKI Dr.Doris Rahmat, SH.MH berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul pendayagunaan peradilan adat nagari dalam penyelesaian sengketa pusako tinggi pada masyarakat hukum adat Minangkabau Sumatera Barat

PK IMM Kasman Singodimedjo Diskusi Wirausaha Dengan Wagub Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Senin (21/06) di kantor Gubernur SUMBAR. Dalam pertemuan ini membahas tentang kewirausahaan dan program pemprov dalam menghidupkan pelaku usaha/UMKM. Selain itu juga dibahas program PK IMM Kasman Singodimedjo dalam bidang Ekonomi dan Kewirausahaan yang Insyaallah wakil Gubernur SUMBAR serta ketua umum KADIN SUMBAR Ramal Saleh ikut berperan dalam program ini.

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.
- Advertisement -