26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Swara Nightingale (SN) Peduli : Pelatihan Nurse Cilik Sigap Dalam Pertolongan Pertama di Sekolah
S

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Sovia Susianty
Dosen Fakultas Keperawatan Unand

Anak-anak SD adalah bagian yang tak terpisahkan dari komunitas kita. Mereka mungkin akan menghadapi situasi darurat, baik di sekolah, di rumah, atau di tempat umum. Pengetahuan tentang pertolongan pertama memberikan mereka alat untuk merespons situasi darurat dengan bijaksana dan tenang. Ini juga mengajarkan mereka nilai-nilai kemanusiaan dan empati. Anak-anak SD tidak perlu belajar prosedur medis rumit, tetapi beberapa dasar penting yang dapat berguna dalam situasi darurat. Mereka harus tahu cara membersihkan dan melindungi luka ringan, menghentikan pendarahan, dan menghadapi pingsan dengan bijaksana. Ini adalah dasar-dasar yang dapat menyelamatkan nyawa.

Pendidikan pertolongan pertama untuk anak-anak harus dilakukan dengan pendekatan yang ramah anak. Ini harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan interaktif. Permainan peran, video pendidikan, dan cerita-cerita adalah alat yang efektif untuk mengajarkan mereka keterampilan ini.Tanggung jawab untuk mengajarkan pertolongan pertama bagi anak-anak bukan hanya pada guru di sekolah. Orang tua, guru, namun juga tanggung jawab bersama tenaga kesehatan untuk memberikan anak-anak alat yang mereka butuhkan untuk merespons dengan baik dalam situasi darurat.

SWARA Nightingale merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa dan salah satu pelopor berdirinya UKMF di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yang pada waktu itu baru 1 tahun didirikan. SWARA Nightingale merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dengan tidak melupakan dasar ilmu mereka untuk menjadi perawat professional nantinya.
Nurse Cilik merupakan suatu kegiatan UKMF SWARA Nightingale bidang pengabdian masyarakat yang mengadakan pelatihan kepada siswa-siswi sekolah dasar yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih siswa-siswi sekolah dasar untuk dapat menerapkan dasar-dasar ilmu P3K di sekolah. Kegiatan Nurse Cilik ini berlangsung selama 1 hari yaitu pada hari Sabtu, 14 Oktober di Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Panjang Kecamatan Pauh Kota Padang. Kegiatan Nurse Cilik kali ini akan diikuti oleh 20 orang siswa-siswi kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Panjang dengan penyampaian materi yang menarik serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak SD.

Penyampaian materi mengenai penanganan pingsan, mimisan dan luka. diberikan oleh Anggota Luar Biasa (ALB) SN yaitu : NS. Ulfa Mawaddah, S.Kep dan dihadiri juga oleh Dosen pembina UKMF SN, yaitu Ibu Ns. Sovia Susianty, M.Kep serta Perwakilan Pihak SDN 14 Koto Panjang yaitu Bapak Dodi, SPd. Pada kesempapatan tersebut pihak sekolah mengucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan oleh Dosen dan Mahasiswa dari SN FKEP kepada anak-anak karena pengetahuan tentang pertolongan pertama pada luka, pingsan dan mimisan sangat dibutuhkan berkaitan dengan seringnya anak2 mengalami keadaan tersebut di Sekolah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img