28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sikapi Aspirasi Warga, Kominfo Kabupaten Pasaman Pasang tower Jaringan Internet Di Matuse
S

Kategori -
- Advertisement -

Pasaman,BeritaSumbar.com,– Beberapa hari lalu gencar di pemberitaan tentang penderitaan mahasiswa Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman untuk kuliah daring diitengah Pandemi Covid 19, mahsiswa di Matuse harus berjalan puluhan kilometer ke puncak Koto Panjang Rao untuk mendapat suplai jaringan internet, medan jalan yang dilalui beberapa titik sangat berbahaya masih jalan tanah jika musim hujan akan berlumpur dan licin. Banyak yang mengeluh terutama orang tua dari mahasiswa Matuse yang khawatir akan keselamatan anaknya.
baca juga: Untuk Dapatkan Signal Internet Buat Kuliah Daring,Puluhan Kilo Jalan Harus Mereka Tempuh
“Iya selain biaya ngak sedikit untuk anak saya saban hari bolak balik ke puncak koto Panjang Rao, saya khawatir keselamatannya, anjuran pemerintah sekarang harus belajar dari rumah, makanya kuliah daring. Ini malah keluar rumah berkumpul-kumpul disitu mendapatkan jaringan internet buat kuliah daring,”
tutur pak Gusnardi orang tua mahasiwa kepada kontributor BeritaSumbar.com,
Di daerah lain, mahasiswa Matuse seperti di Nagari Muaro sungai lolo harus berjalan belasan kilometer menujuperbatasan antara Jorong Sopan dengan Kuamang untuk mendpat jaringan internet, hanya ada jalan setapak untuk menuju kesana, mereka kuliah di tengah hutan dan
perladangan masyarakat.
Melihat Kondisi yang sangat memprihatinkan itu, mahasiswa (IMPAMAS) dan masyarakat umumnya di Kecamatan Mapat tunggul Selatan Dan Mapat tunggul dengungkan aspirasi agar daerah mereka bisa dapat akses internet dengan baik. Aspirasi mahasiswa dan warga dapat respon dari Anggota DPRD Pasaman. Hal ini dirumuskan dalam rapat kerja gabungan komisi-komisi dengan organisasi peringkat daerah pemerintah Kab Pasaman tanggal 15/4/20 melalui ketua komisi 2 DPRD Pasaman Rudi Apriasi menyampaikan beberapa poin kesepakatan diantaranya “Kita minta kepada pemerintah daerah untuk memasukkan jaringan internet dalam anggaran refocusing untuk membantu adik-adik mahasiswa di daerah terisolir seperti Kecamatan Matuse dan Mapat Tunggul”
Setelah dilakukan koordinasi dan survei kelapangan oleh dinas Kominfo Pasaman, Maka pada tanggal 17/4/20 jaringan Wifi di uji coba di depan SMPN 1 Silayang, serta melakukan analisa jaringan.
Sedang dilakukan pemasangan tower dan uji coba jaringan, apakah bisa nyambung dengan baik atau tidak. Jika tersambung dengan baik maka akan di pasang permanen sehingga warga bisa menikmati jaringan internet gratis. Nantinya juga akan di pasang di setiap kantor walinagari, kecamatan, Sekolah dan area publik lainnya, Ujar Haqqi dari Kominfo Kabupaten Pasaman via pesan whatsaap.
Suksesnya pemasangan dan koneksi jaringan internet ini sangat diharapkan masyarakat, pelajar ataupun mahasiswa daerah ini.

Semoga pemasangan dan uji coba jaringan ini berjalan baik dan sukses, sehingga kami bisa belajar dengan nyaman dan tidak lagi menantang maut menuju lokasi yang ada jaringan internet. Ujar Epos salah seorang mahasiswa asal Mapat Tunggul Selatan pada Minggu 19/4 siang. (Reza Jefrika)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img