24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Setahun Eksis, KWT Para Indah Limbukan Hemat Biaya RT Rp138 Juta
S

Kategori -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kepala Kantor  Ketahanan Pangan Ir. Antoni Jaya, memberikan penghargaan kepada 23 ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani KWT) Para IndahKelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, yang mampu memberikan keuntungan ganda pada keluarganya. Selain mampu menekan biaya dapur rumah tangga, minimal Rp500 ribu per bulan, tapi KWT ini juga mampu memberikan keuntungan pada anggota KWT.

Penghargaan tersebut disampaikan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Antoni Jaya, saat peringatan  setahun hari kelahiran KWT Para Indah Limbukan, di pondok pertemuan KWT setempat, Kamis (26/3). Dalam acara ini, juga hadir Sekcam Payakumbuh Selatan  Yuswaldi, SH, Kabag Humas Setdako Jhon Kenedi dan Ketua TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Selatan Ny. Doni Prayudha serta Lurah Limbukan Yondri.

Kehadiran KWT, sebut sekcam Yuswaldi dan Kepala Ketahanan Pangan Antoni Jaya, diharapkan mampu mendorong swasembada pangan nasional  yang dicanangkan Presiden Jokowi. Ketersediaan pangan di daerah,  bukan tanggung jawab pemko, melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat, terutama kalangan petani dan kaum ibu yang tergabung dalam KWT.

Meski baru berusia setahun, tapi KWT Para Indah dipimpin ketuanya Mariati, telah berbuat banyak dalam melakukan aktifitas, menjadikan lahan tidur menjadi lahan produktif. Memanfaatkan lahan seluas lebih kurang satu hektar, milik salah seorang anggotanya, KWT Para Indah telah menghasilkan kentungan milik kelompok sebesar lebih kurang Rp3 juta. Hasil dari panen jagung dan kacang tanah.

Sementara itu, seluruh anggota mampu memberikan pendapatan keluarga Rp500 ribu per bulan, atau Rp6 juta per tahun. Total pendapatan keluarga milik 23 anggota mencatat Rp138 juta. Menurut ketua KWT Mariati, selain di halaman rumah anggota, KWT juga punya tanaman kacang tanah, jagung, cabe Kopay, bayam, kangkung, bawang perai, mentimun, terung, sirsak dan pepaya. “Insya Allaah, dalam puasa Ramadhan nanti, kami akan panen kacang tanah,” sebut Mariati.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -