25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes
S

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Sasaran pelaksanaan TMMD dengan titik di Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan tersebut tidak hanya fokus pada kegiatan fisik infrastruktur saja. Melainkan banyak aktifitas pemberdayaan yang dilakukan oleh prajurit TNI tersebut.

Tiap hari, usai apel pagi, anggota Satgas sudah membagi tugas. Ada yang kelapangan yakni sasaran pembukaan jalan baru sepanjang 9000 meter dan ada juga prajurit TNI yang mendatangi warga dari rumah hingga ke ladang sampai ke dalam rimba untuk melakukan pemberdayaan.

Salah satu pemberdayaan yang menjadi fokus Satgas TMMD, yakni mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena itu, prajurit TNI setiap bertemu dengan masyarakat sekitar lokasi pelaksanaan TMMD, baik di Nagari Talang Maua ataupun di Nagari Maek, sosialisasi bahaya Covid-19 tiada henti mereka lakukan.

“Covid-19, wajib kita perangi karena musuh bersama. Karena itu, himbauan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus dilakukan. Termasuk selama TMMD berlangsung,” kata Komandan Satuan Tugas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe baru-baru ini kepada awak media.

Dikatakan Dandim 0306/50 Kota itu, setiap hari, prajurit TNI disebar ke tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan serta ajakan hidup sehat dalam memerangi Covid-19.

“Ke warung-warung, rumah warga, ke ladang, tempat usaha termasuk di tempat umum, selalu didatangi Satgas TMMD dalam sosialisasi memerangi Covid-19,” kata Letkol Kav Ferry Lahe lagi.

Pesan yang disampaikan tersebut, katanya, selain bahaya Covid-19, juga langkah-langkah dari masyarakat agar bisa terhindar dari virus Corona. Yakni dengan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Ini wajib. Karena itu kami ajak masyarakat untuk tetap menjalankan aktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut agar kita semua bisa terhindar dari bahaya Covid-19,” katanya.

Selain itu, Dandim 0306/50 Kota tersebut mengatakan, selama TMMD berlangsung, anggota Satgas juga tak henti-hentinya menghimbau dan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19.

“Anggota di lapangan juga menyerukan masyarakat untuk ikut vaksin. Ini gratis dan tidak bayar karena sudah difasilitasi oleh pemerintah,” katanya.

Selain menghimbau masyarakat tetap beraktifitas dengan menjalankan prokes, prajurit TNI tiap hari door to door dari rumah satu ke rumah yang lain untuk menyerukan ikut vaksin Covid-19. “Himbauan anggota yakni manfaat dari vaksin itu sendiri dan mencerdaskan masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi miring tentang vaksin Covid-19. Ini yang diluruskan anggota. Alhamdulillah, hasilnya banyak warga yang suka rela mengikuti vaksin terutama di wilayah Kodim 0306/50 Kota khususnya sekitar kawasan pelaksanaan TMMD ke 111,” kata Dandim.

Sementara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mendukung penuh dan mensupport upaya dari TNI untuk memerangi Covid-19. Safaruddin pun bangga terhadap perjuangan anggota TNI untuk mengajak masyarakat dalam menjalankan aktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pemerintah daerah sepenuhnya mendukung upaya TNI dalam mencegah penyebaran Covid-19. Secara pribadi, saya sangat apresiasi kerja keras TNI memerangi virus mematikan ini,” kata Bupati.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN), salut dengan prajurit TNI, terutama Satgas TMMD ke 111 yang sudah berjuang dalam memerangi Covid-19.

“Himbauan-himbauan serta sosialisasi dari anggota Satgas TMMD terhadap prokes ini, sangat ampuh. Tiap hari, kemana-mana himbauan dari TNI tetap jalan terus. Sehingga masyarakat pun patuh untuk menerapkan aktifitas sesuai protokol kesehatan. Tetap pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak serta hindari kerumuman,” kata Rizki Kurniawan.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan Nakasri tersebut berharap, berkat perjuangan TNI tersebut, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota bisa berkurang drastis. Kemudian, Safaruddin-Rizki, berterimakasih kasih terhadap upaya TNI terutama Satgas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota yang sudah bekerja keras sebulan penuh untuk pembukaan jalan penghubung nagari terisolasi dan pemberdayaan masyarakat terutama sosialisasi, edukasi serta himbauan-himbauan ke masyarakat terkait Covid-19. (LIPUTAN KHUSUS)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).

Antisipasi Kenaikan Bahan Pokok menjelang Idul Adha, Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Rapat TPID

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Menjelang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H, yang tinggal menghitung hari, Pemda Lima Puluh Kota menggelar Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, pada Selasa, (13/7/2021), di ruang Rapat Wakil Bupati secara langsung dan virtual dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Hari Koperasi Diperingati Secara Virtual Di Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Hari Koperasi Nasional diperingati setiap tanggal 12 Juli. Peringatan Harkopnas ke - 74 tahun 2021 dilaksanakan secara virtual di Aula Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM di Sarilamak, Senin, (12/07/2021).
- Advertisement -