26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes
S

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Sasaran pelaksanaan TMMD dengan titik di Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan tersebut tidak hanya fokus pada kegiatan fisik infrastruktur saja. Melainkan banyak aktifitas pemberdayaan yang dilakukan oleh prajurit TNI tersebut.

Tiap hari, usai apel pagi, anggota Satgas sudah membagi tugas. Ada yang kelapangan yakni sasaran pembukaan jalan baru sepanjang 9000 meter dan ada juga prajurit TNI yang mendatangi warga dari rumah hingga ke ladang sampai ke dalam rimba untuk melakukan pemberdayaan.

Salah satu pemberdayaan yang menjadi fokus Satgas TMMD, yakni mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena itu, prajurit TNI setiap bertemu dengan masyarakat sekitar lokasi pelaksanaan TMMD, baik di Nagari Talang Maua ataupun di Nagari Maek, sosialisasi bahaya Covid-19 tiada henti mereka lakukan.

“Covid-19, wajib kita perangi karena musuh bersama. Karena itu, himbauan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus dilakukan. Termasuk selama TMMD berlangsung,” kata Komandan Satuan Tugas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe baru-baru ini kepada awak media.

Dikatakan Dandim 0306/50 Kota itu, setiap hari, prajurit TNI disebar ke tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan serta ajakan hidup sehat dalam memerangi Covid-19.

“Ke warung-warung, rumah warga, ke ladang, tempat usaha termasuk di tempat umum, selalu didatangi Satgas TMMD dalam sosialisasi memerangi Covid-19,” kata Letkol Kav Ferry Lahe lagi.

Pesan yang disampaikan tersebut, katanya, selain bahaya Covid-19, juga langkah-langkah dari masyarakat agar bisa terhindar dari virus Corona. Yakni dengan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Ini wajib. Karena itu kami ajak masyarakat untuk tetap menjalankan aktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut agar kita semua bisa terhindar dari bahaya Covid-19,” katanya.

Selain itu, Dandim 0306/50 Kota tersebut mengatakan, selama TMMD berlangsung, anggota Satgas juga tak henti-hentinya menghimbau dan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19.

“Anggota di lapangan juga menyerukan masyarakat untuk ikut vaksin. Ini gratis dan tidak bayar karena sudah difasilitasi oleh pemerintah,” katanya.

Selain menghimbau masyarakat tetap beraktifitas dengan menjalankan prokes, prajurit TNI tiap hari door to door dari rumah satu ke rumah yang lain untuk menyerukan ikut vaksin Covid-19. “Himbauan anggota yakni manfaat dari vaksin itu sendiri dan mencerdaskan masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi miring tentang vaksin Covid-19. Ini yang diluruskan anggota. Alhamdulillah, hasilnya banyak warga yang suka rela mengikuti vaksin terutama di wilayah Kodim 0306/50 Kota khususnya sekitar kawasan pelaksanaan TMMD ke 111,” kata Dandim.

Sementara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mendukung penuh dan mensupport upaya dari TNI untuk memerangi Covid-19. Safaruddin pun bangga terhadap perjuangan anggota TNI untuk mengajak masyarakat dalam menjalankan aktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pemerintah daerah sepenuhnya mendukung upaya TNI dalam mencegah penyebaran Covid-19. Secara pribadi, saya sangat apresiasi kerja keras TNI memerangi virus mematikan ini,” kata Bupati.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN), salut dengan prajurit TNI, terutama Satgas TMMD ke 111 yang sudah berjuang dalam memerangi Covid-19.

“Himbauan-himbauan serta sosialisasi dari anggota Satgas TMMD terhadap prokes ini, sangat ampuh. Tiap hari, kemana-mana himbauan dari TNI tetap jalan terus. Sehingga masyarakat pun patuh untuk menerapkan aktifitas sesuai protokol kesehatan. Tetap pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak serta hindari kerumuman,” kata Rizki Kurniawan.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan Nakasri tersebut berharap, berkat perjuangan TNI tersebut, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota bisa berkurang drastis. Kemudian, Safaruddin-Rizki, berterimakasih kasih terhadap upaya TNI terutama Satgas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota yang sudah bekerja keras sebulan penuh untuk pembukaan jalan penghubung nagari terisolasi dan pemberdayaan masyarakat terutama sosialisasi, edukasi serta himbauan-himbauan ke masyarakat terkait Covid-19. (LIPUTAN KHUSUS)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img