26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Sampah Sebagai Solusi Milenial Membangun Bangsa
S

Kategori -

Yogyakarta – Sebagai salah satu rangkaian dari Sociopreneur Camp (SPC) 2019, Beastudi Etos menggelar Inspiring Talk 2019 yang dilaksanakan di Auditorium MM UGM pada Sabtu (03/08). Pada sesi ini 176 penerima manfaat Beastudi Etos dan umum diajak menyelami materi-materi hebat dari pembicara mumpuni yang hadir dalam gelaran SPC 2019.

Edy Fajar Prasetyo, Founder ECO Business Indonesia, menyuarakan keresahannya akan kondisi sampah di Indonesia. Ia menjelaskan jika sampah memiliki dampak sosial bagi banyak orang, namun menjadi tugas milenial lah untuk mengubah sampah menjadi berkah.

“Sampah bisa kita peroleh secara mudah, murah dan masif, tapi di sisi lain sampah itu masalah di masyarakat. Karena itu saya berpikir, daripada tidak dimanfaatkan, mengapa tidak mengelola sampah kemasan plastik sisa konsumsi sehari-hari?” tanya Edy di Auditorium MM UGM.

Milenial dituntut memiliki ide-ide cerdas luar biasa kreatif, cara itulah yang dilakukan Edy untuk berkontribusi membersihkan sampah sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu. Menurutnya menjadi penting untuk bersinergi dengan masyarakat dalam membangun potensi pemberdayaan, karena pada dasarnya masyarakat memiliki potensi besar untuk memberdayakan dirinya.

“From locally to globally. Kita tak bisa bergerak sendiri karena meski Indonesia miskin materi, tapi tak boleh miskin inisiatif. Inisiatif inilah yang kita pakai untuk berkolaborasi dengan memberikan pendampingan berbasis soft dan hard skill, menjadikan waktu kurang produktif menjadi kesempatan emas,” katanya berapi-api.

Memberdayakan masyarakat jelas bukan perihal mudah, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan misalnya melakukan mapping dengan mencari akar masalah dan kebutuhan masyarakat sekitar, kemudian baru melakukan intervensi.

“Kalau kita bersinggungan dengan pemberdayaan masyarakat, milenial tak boleh terlalu berekspektasi untuk mengubah semua hal, cukup memantik inisiatif masyarakat saja. Kenapa? Karena berdaya itu sebenarnya dari kesadaran mereka, bukan dari kita,” kata Edy.

Sebagai peraih 3rd Winner Social Category ASEAN Leaderpreneur 2015 dan Top 5 Wirausaha Sosial Wirausaha Muda Mandiri Nasional 2016, Edy paham betul jika polemik sampah akan selalu menjadi isu terhangat. Hanya saja, ia menambahkan, peran milenial sebagai agen perubahan sangat diperlukan dalam tindakan nyata untuk mengurai masalah tersebut.

“Saya pikir, berkolaborasi jauh lebih berarti daripada berkompetisi,” tutupnya. (AR)

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -