26 C
Padang
Sabtu, September 30, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pentingnya Gaya Hidup Sehat Dan Aktifitas Fisik Untuk Mengelola Perlemakan Hati
P

Kategori -
- Advertisement -

Penulis:Ns. Arif Rohman Mansur, S.Kep., M.Kep
(Dosen Prodi S-1 Keperawatan, Universitas Andalas)

Hati, organ yang sangat penting dalam menjalankan sejumlah fungsi kunci dalam tubuh kita, saat ini sedang berjuang melawan ancaman kesehatan global yang terus bertambah: Penyakit Lemak Hati Non-Alkohol (NAFLD). NAFLD adalah suatu kondisi di mana terjadi akumulasi lemak dalam hati yang tidak disebabkan oleh penggunaan alkohol. Jika lemak mencapai 5%-10% dari total berat hati, kondisi ini dikenal sebagai steatosis. Versi yang lebih parah dari kondisi ini disebut NASH.

NAFLD telah berkembang menjadi isu kesehatan global yang serius, dengan prevalensi sekitar 30%. Dengan angka yang terus meningkat, sangat penting bagi kita semua untuk memahami cara mengendalikan kondisi ini.

Aktivitas fisik memainkan peran kunci dalam penanganan NAFLD. Latihan rutin dapat membantu memperbaiki kesehatan hati dan mengurangi akumulasi lemak di dalamnya. American Heart Association menyarankan minimal 150 menit aktivitas fisik setiap minggu untuk orang dewasa. Anjuran ini juga berlaku untuk anak-anak dengan latihan aerobik intensitas sedang. Mengimplementasikan rutinitas latihan yang tepat dapat menjadi langkah efektif dalam penanganan NAFLD.

Selain latihan, penurunan berat badan juga menjadi faktor penting dalam penanganan NAFLD. Pola makan sehat dengan kontrol porsi dan pembatasan konsumsi alkohol dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di hati. Sangat disarankan juga untuk menghindari obat-obatan dan zat tertentu yang berpotensi merusak hati.

Mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mengelola tekanan darah tinggi, dan menjaga hidrasi juga menjadi bagian penting dalam penanganan NAFLD. Meskipun penurunan berat badan yang sehat sangat penting, hindari metode diet ekstrem atau “crash diet” yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan rutin juga perlu dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi NAFLD dan memastikan pengobatan yang tepat diberikan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengikuti anjuran ini, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengendalikan NAFLD dengan lebih baik.

Dalam menghadapi tantangan kesehatan global ini, kita semua memiliki peran yang harus dijalankan. Mari kita lakukan bagian kita dengan menjaga kesehatan hati kita dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img