26 C
Padang
Saturday, October 31, 2020

Pengurus LKAAM Limapuluh Kota Periode 2020-2025 Dikukuhkan

Limapuluh Kota, -BeritaSumbar.com,-Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota periode 2020-2025 resmi dikukuhkan.
Pelantikan dilakukan Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, Dr.Drs M Sayuti M. Pd Dt Rajo Pangulu. Turut disaksikan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Dewan Penyantun Limapuluh Kota sekaligus Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Saffaruddin Dt Bandaro Rajo, Dandim 0306/50 Kota Letko Kav Fery lahe, Polres 50 Kota, dan Polres Payakumbuh di Aula Rumah Dinas Bupati, Selasa (16/6/2020).
Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 03/PP/LKAAM-SB/II/2020 tentang pengukuhan komposisi dan personalia pimpinan daerah, Efianto Nawi Dt Tumbi dipercaya menjabat sebagai ketua. Kemudian Zulhikmi Dt Rajo Suaro. Azrul Aziz Dt Karongkong, Hidwan Reta Dt Mangkuto, sebagai wakil ketua.
Selanjutnya, Syamsu Akmal Dt Panduko Tuo sebagai sekretaris, Muhammad Suardi Dt Rajo Pangulu Nan Panjang, Sopinar Dt Damuanso Nan putih, serta Hasnul Dt Tumbi Rajo sebagai bendahara.
“Selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan, bangun kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah” ujar M Sayuti Dt Rajo Pangulu.
Untuk itu, ia berharap pengurus LKAAM yang dilantik harus bisa menjadi pengayom bagi pemangku adat. Selain itu, ketua LKAAM Sumbar itu juga meminta kepada Forkopimda dan pemerintah daerah untuk merangkul LKAAM dalam membina generasi muda.
“Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, polres dan kodim dengan LKAAM kita yakin, pembinaan generasi muda akan lebih baik,” sebutnya.
Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus LKAAM yang baru saja dikukuhkan.
“Tetaplah menjadi mitra kerja pemerintah, bersama sama membangun Limapuluh Kota yang lebih baik,” jelasnya.
Menurutnya, peran niniak mamak terhadap kemanakan sangatlah penting dalam pembangunan nilai-nilai adat dan budaya dalam kehidupan masyarakat di kabupaten.
“Kami dari pemerintah daerah siap memberikan dukungan kepada LKAAM Limapuluh kota dalam menerapkan beberapa programnya, “sebutnya.
Sementara itu, ketua LKAAM Limapuluh Kota yang baru dilantik, Efianto Nawi Dt Tumbi dalam sambutannya siap menjalankan program 5 tahun kedepan, termasuk menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah.
“Kita akan membangkitkan kembali peran bundo kandung termasuk generasi muda dalam melestarikan adat adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah,” sebutnya.(humas)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sri Rejeki Si Primadona Pembawa Rezeki di Tengah Pandemi

Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan ibu-ibu saat ini, siapa lagi kalau bukan Sri Rejeki atau kita...

Mahyeldi Audy Dan Sumpah Pemuda

Oleh Reido Deskumar Peringatan sumpah pemuda tahun 2020 begitu berbeda dari biasanya. Peringatan sumpah pemuda kali ini bersamaan dengan...

Pandemi Covid-19 dapat Mengancam Penurunan Populasi Hiu, Bagaimana Dampaknya terhadap Ekosistem?

Selama pandemi Covid-19 ini, tentunya kita dihadapkan dengan pencarian solusi terkait masalah ini dengan berbagai upaya penelitian, terutama untuk penelitian vaksin Covid-19....

Para Pengemudi Layanan “Maxim” di Padang Mendonorkan Darah untuk Palang Merah Indonesia

Padang,- Pada tangga 24 Oktober, sekitar 15 pengemudi layanan dan puluhan masyarakat yang peduli di kota ini telah mengisi bank persediaan darah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pecah Rekor Positif Covid-19 Di Payakumbuh, Muncul Klaster Tahanan Polisi

Payakumbuh, www.beritasumbar.com - Kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh pecah rekor, dimana pada pada Jumat, 30/10 terkonfirmasi 30 orang warga positif virus corona...

Umumkan Hasil Seleksi CPNS, Pemko Padang Berikan Masa Sanggah Tiga Hari

Padang,beritasumbar.com - Perserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Padang, yang tidak lulus seleksi bisa melakukan sanggah dalam waktu tiga hari...

Khairul Apit Dukung Puncak Bukit Pao Ruso Jadi Destinasi Wisata Dirgantara

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Nagari Maek selain terkenal dengan pesona Bukit Tembus (Bukik Posuak) dan Jejak sejarah tempo dulu berupa menhir juga memiliki pesona...

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...
- Advertisement -