25 C
Padang
Rabu, April 21, 2021
Beritasumbar.com

Jalin Silaturahmi Rantau Dan kampung Halaman, Masyarakat Duo Koto Gelar Vidcon
J

Kategori -

Agam,-BeritaSumbar.com,-Pandemi Covid-19 membuat silaturahmi tatap muka ditahun ini jadi terhambat. Namun kemajuan teknologi memberikan solusi agar silaturahmi tetap terus terjalin walau tidak bisa berjabat tangan lansung. Melalui video conference bisa dilakukan. Seperti Perantau dan masyarakat Nagari Duo Koto lakukan pada Selasa 16/6.

Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi terhadap masyarakat Nagari Duo Koto yang berada di luar daerah, Walinagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Joni Safri menggelar video conference (Vidcon) dengan perantau melalui aplikasi Zoom, Selasa (16/6). Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perantau Nagari Duo Koto, tokoh masyarakat, dan anak nagari setempat.

Mereka yang mengikuti video conference adalah Perantau Lubuk Linggau Aldianda Maisal, Perantau Medan Afrizal Chan, Perantau Bukittinggi Harni Lastri, Perantau Jakarta Miral Dahra, Perantau Bandung Ir. Zamzam, ST Radjoboengsoe, Rang Mudo Nagari Reido Deskumar, ST.,  Syamsul Hidayat, S.Sn., Pengurus PMPK Duo Koto Angku B. Dt Bandaro Rajo, serta Khalisah Fikra Azizah sebagai moderator.

Pelaksanaan video conference yang bertemakan “Duo Koto Babagi Carito”, Walinagari Duo Koto Joni Safri menyebutkan,hal ini dilakukan guna mempererat tali silaturahmi antara masyakarat yang dikampung dan yang ada di perantauan. Selain itu, video conference ini juga sebagai media informasi terhadap penanganan dan pencegahan Covid-19 di Nagari Duo Koto.

Dalam Vicon itu, Walinagari Duo Koto bersama para perantau, tokoh masyarakat, dan anak muda nagari membahas tentang perkembangan Nagari saat ini. Selain itu, mereka juga menerima berbagai usulan dan inovasi baru dari para perantau.

“Jadi saat ini, bagusnya sebuah Nagari tidak hanya melibatkan dari Pemerintahannya saja, namun peran serta masyarakat, Anak Nagari, dan perantau juga ikut berperan dalam membangun Nagari Duo Koto ini,” ujar Joni Safri.

Disebutkannya, dalam pelaksanaan penanganan-pencegahan Covid-19 di Duo Koto, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam hal itu, seperti penanganan ekonomi berupa penyaluran bantuan beras, BLT Kemensos, BLT Propinsi, BLT DD, dan BLT APBD. Sementara untuk pencegahan pihaknya juga telah melakukan upaya seperti sosialiasi terkait protokol kesehatan, mendirikan posko Covid-19, penyemprotan disinfektan, dan hal pencegahan lainnya.

“Alhamdulillah kita di Nagari sudah melakukan berbagai langkah penanganan terhadap antisipasi penularan Covid-19. Dan Insyaallah kampung kita saat ini aman dari penyebaran virus. Akan tetapi itu tetap kita waspadai,” ujarnya.

Salah seorang Perantau dari Bukittinggi Harni Lastri, mengapresiasi berbagai langkah dan program yang telah dilakukan Walinagari Duo Koto. Karena dengan begitu Nagari ini bisa lebih maju dengan program-program yang dilakukan.

“Selain itu, dengan hal ini juga Nagari Duo Koto terus berprestasi dan berinovasi dalam perkembangan di kampung halaman,” kata Harni Lastri.

Disisi lain Reido Deskumar selaku rang mudo nagari juga mengapresiasi kegiatan Babagi Carito yang digagas oleh Wali Nagari Duo Koto. “Nagari Duo Koto sudah bisa beradaptasi dengan zaman. Dengan adanya kegiatan silatuahim virtual ini gagasan dan pikiran tetap hidup antar semua elemen masyarakat baik yang ada di nagari maupun yang di rantau” ujarnya. Reido Deskumar juga menambahkan “perlu program kolaborasi berkelanjutan antara masyarakat yang ada di nagari dengan yang dirantau. Sehingga pembangunan di nagari dapat tersentuh sesuai dengan kebutuhanya”.

Selain itu, Walinagari Duo Koto juga menerima berbagai usulan dari perantau, seperti perkembangan pariwisata kedepannya, pelaksanaan pulang basamo, program #SaveManinjau, dan usulan-usulan positif lainnya.

“Insyaallah, kami di nagari akan mengevaluasi satu persatu semua saran dan usulan dari perantau. Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan silaturahmi secara daring ini kita bisa melakukan hal baik untuk mengembangkan Nagari kedepannya,” jelasnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dipimpin Rektor UIN Imam Bonjol TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Muttahiddin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Hari ke lima Ramadhan, Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Eka Putra Wirman mengunjungi Masjid Muttahiddin Parambahan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sabtu (17/04).
- Advertisement -

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah

Padang Pariaman, beritasumbar.com, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -