Pemerintah Kota Payakumbuh dan Bank Tabungan Negara sepakat melakukan kerjasama dalam pembangunan 1.000 unit rumah buat PNS di Payakumbuh. Naskah kesepahaman kerjasama atau MoU itu ditandatangani Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Kacab Bank BTN Padang, Heru Judhi Irianson, dalam acara di ruang kerja Walikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Selasa (10/9).

 

Hadir dalam penandatanganan naskah kerjasama itu Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Staf Ahli Walikota Drs. Edvianus, Kepala Bappeda Drs. Ridha Ananda, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Elzadaswarman, SKM, MPPT serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya dan sejumlah pejabat BTN Padang dan Bukittinggi.

Menurut Walikota Riza Falepi, perjanjian kerjasama untuk membangun 1.000 unit rumah buat PNS itu, sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pemko. Pasalnya, kebutuhan papan merupakan yang cukup urgen bagi PNS, terutama pegawai golongan rendah yang hidup dalam keterbatasan.

 

Tidak hanya buat PNS, tambahnya, pembangunan rumah dengan subsidi bunga ini, juga diharapkan buat warga kota non pegawai. Di Payakumbuh, ungkap walikota, selain kalangan PNS yang belum mempunyai rumah layak, warga kota dari golongan ekonomi lemah, juga masih banyak yang belum memiliki rumah. Karena itu, kehadiran BTN dalam memfasilitasi pengembang membangun program rumah ini, sebuah yang pantas diberi penghargaan.

 

Senada dengan walikota, Kepala Cabang Bank BTN Padang, Heru Judhi Irianson, juga menyambut langkah positif yang dilakukan pemko. “Kita apresiasi program yang diapungkan pimpinan daerah Payakumbuh ini,” tegasnya. Malahan, spontanitas Heru Judhi Irianson, menyatakan keinginannya untuk membantu Payakumbuh dalam bentuk program lainnya. “Kita BTN siap memfasilitasi Payakumbuh dalam menyukseskan semua program pembangunannya,” ungkap Heru Judhi Irianson.

Pembangunan 1.000 rumah yang difasilitasi BTN itu, berlokasi pada sejumlah titik di Payakumbuh. Pemko mempercayai empat pengembang, masing-masing PT Rapizon Cipta Insan, PT Zico Eka Perdana, PT Mendevilla, dan PT Bonai yang mengerjakan kegiatan dimaksud. Tanah tersedia, seperti di kawasan Taratak di Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan dan di kawasan Pulai di Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, baru mampu menyediakan 280 unit rumah.

Pihak Bappeda bersama SKPD terkait lainnya, menurut Kepala Bappeda Ridha Ananda, masih mencari lokasi tambahan buat mewujudkan 1.000 unit rumah tersebut. “Kita masih melayangkan pandangan jauh, dimana lokasi yang cocok untuk itu. Sehingga diharapkan, program tersebut terlaksana dengan cepat, sebagaimana diharapkan, simpulnya.

loading...