24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Ombudsman Sumbar Sosialisasi Pelayanan Publik Di Payakumbuh
O

Kategori -

Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunafri, SH, Mhum, mengingatkan seluruh PNS dijajaran Pemko Payakumbuh meningkatkan pelayanan publik. Ombudsman sebagai lembaga baru yang dibentuk pemerintah akan mengawasi bentuk pelayanan publik yang dilakukan pemerintah kota dan pemerintah kabupaten di Sumatera Barat. Kota Payakumbuh diminta menjadi acuan di dalam pelayanan publik ini di Sumatera Barat.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunafri, ketika memberi sambutan dalam acara Sosialisasi UU No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman dan UU 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik Selasa (10/9) di Balaikota Payakumbuh. Menurutnya, meski Ombudsman baru terbentuk di Sumbar Oktober 2012, tapi hingga sekarang, dalam rentang waktu 9 bulan, Ombudsman sudah mengantongi 200 lebih pengaduan masyarakat, terhadap pelayanan publik yang belum maksimal di daerah ini.

Dikatakan, Ombudsman sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, akan berpihak kepada masyarakat. Menurut Yunafri, jika ada warga yang mendapatkan pelayanan mengecewakan, dapat menghubungi Ombudsman Sumatera Barat, tanpa memungut bayaran. Identitas pelapor akan dirahasiakan, katanya. Ombudsman menginginkan, seluruh warga benar-benar mendapatkan pelayanan yang baik dari aparat pemerintah, BUMN/BUMD, badan swasta ,dan perseorangan.

Nada yang sama juga dilontarkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Menurutnya, peningkatan pelayanan publik merupakan harga mati yang tak bisa ditawar-tawar. PNS sebagai aparat pelayan publik, bukan sosok yang harus dilayani. Sebaliknya, aparatur pemerintah adalah staf pelayan masyarakat. “Kitalah yang harus memberikan pelayanan kepada publik,” tegasnya.

Karena itu, menurut walikota, SKPD terkait tengah dan sudah menyusun sejumlah standar pelayanan minimal dan standar operasional prosedur disetiap SKPD. Kegiatan itu merupakan bagian dari reformasi birokrasi, sebut walikota. Menurutnya, SKPD yang tak memberikan pelayanan maksimal kepada warga, pimpinan unit, kantor dan instansi bersangkutan akan mendapat ganjaran dari pimpinan daerah, tegasnya.

Sosialisasi UU No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman dan UU 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik itu, tidak hanya buat unsur pimpinan eselon II/III/IV dijajaran pemko, tapi juga diikuti oleh pimpinan BUMN/BUMD serta pengurus ormas, orpol, organisasi kepemudaan, dan sejumlah LSM.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.
- Advertisement -

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Bupati Pessel Serahkan Bantuan 8 Ton Beras

Walaupun sedang hari libur, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tetap melaksanakan tugas nya sebagai kepala daerah, kali ini Sabtu (9/1/2021) turun ke kampung Akad, Koto Tangah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan sembako pada warga terkena dampak banjir.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII

Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Kementerian PUPR Serahkan Bantuan IPLT Dan 1 Truk Penyedot

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Payakumbuh diresmikan dan diserahkan pengelolaannya sekaligus bersama truk penyedot lumpur tinja oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemko Payakumbuh di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Rabu (23/12).

Kabaharkam Polri Ikut Donor Darah

Baharkam Polri bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah di Ruang Rapat Utama Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020.
- Advertisement -