31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Tim P3K Sosialisasikan Penggabungan Kelurahan
T

Kategori -

Menyusul lahirnya Perda Kota Payakumbuh Nomor 7 Tahun 2013, tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan, secara maraton Tim Sosialisasi P3K (Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan) turun ke kecamatan-kecamatan, guna menyampaikan rencana tersebut kepada warga setempat. Pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar, menggaransi tim, akhir tahun 2013 ini, kegiatan sosialisasi P3K tuntas.

Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman, SH, S.Sos, selaku Ketua Tim P3K Payakumbuh, di Balaikota di Bukik Sibaluik, menginformasikan, Rabu (11/9), tahap awal, pemko merancang 34 kelurahan yang akan digabung. Karena itu, tim mengundang tokoh masyarakat, meliputi unsur ninik mamak, cendiakawan, tokoh agama, pemuda, bundo kanduang dan sejumlah elemen masyarakat lainnya, guna mendiskusikan amanah Perda Nomor 7 Tahun 2013 ini.

 

Kegiatan sosialisasi tersebut, katanya, berlangsung di setiap kantor kecamatan, dimulai sejak Senin (9/9) dan akan berakhir nantinya 27 September mendatang. Elemen masyarakat yang diundang berasal dari 34 kelurahan. Yaitu kelurahan yang akan menjadi sasaran penggabungan. Begitu sosialisasi berakhir, tim langsung membuat draf Ranperda tentang pembentukan kelurahan itu. Usai Pemilu 2014, lurahnya akan dilantik Walikota Payakumbuh.

 

Di Kecamatan Payakumbuh Barat yang menjadi sasaran sosialisasi, kelurahan-kelurahan Padang Tinggi, Piliang, Parik Rantang, Parak Batuang, Nunang dan Daya Bangun. Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, kelurahan-kelurahan Kapalo Koto, Ampangan, Limo Kampuang dan Koto Tuo.

 

Berikutnya, di Kecamatan Payakumbuh Utara, kelurahan-kelurahan Talawi, Balai Batuang, Tanjung Anau, Taruko, Pasia, Muaro, Koto Baru, Bunian, Balai Baru, Tarok, Padang Kaduduak, Cubadak Aia dan Napa. Di Kecamatan Payakumbuh Timur, meliputi kelurahan-kelurahan Padang Tiaka Hilir, Padang Tiaka Mudik, Sicincin Hilia, Sicincin Mudiak, Bodi, Padang Alai, Balai Jariang, Balai Batimah, Balai nan Tuo, Ranah dan Koto Baru Payobasuang.

Menyangkut nama kelurahan, menurut Yoherman, akan dimintakan masukan warga setempat. “Kita menunggu keinginan warga, mana nama yang cocok, sesuai dengan sejarah kelurahan dimaksud,” simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -