30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Tim P3K Sosialisasikan Penggabungan Kelurahan
T

Kategori -

Menyusul lahirnya Perda Kota Payakumbuh Nomor 7 Tahun 2013, tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan, secara maraton Tim Sosialisasi P3K (Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan) turun ke kecamatan-kecamatan, guna menyampaikan rencana tersebut kepada warga setempat. Pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar, menggaransi tim, akhir tahun 2013 ini, kegiatan sosialisasi P3K tuntas.

Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman, SH, S.Sos, selaku Ketua Tim P3K Payakumbuh, di Balaikota di Bukik Sibaluik, menginformasikan, Rabu (11/9), tahap awal, pemko merancang 34 kelurahan yang akan digabung. Karena itu, tim mengundang tokoh masyarakat, meliputi unsur ninik mamak, cendiakawan, tokoh agama, pemuda, bundo kanduang dan sejumlah elemen masyarakat lainnya, guna mendiskusikan amanah Perda Nomor 7 Tahun 2013 ini.

 

Kegiatan sosialisasi tersebut, katanya, berlangsung di setiap kantor kecamatan, dimulai sejak Senin (9/9) dan akan berakhir nantinya 27 September mendatang. Elemen masyarakat yang diundang berasal dari 34 kelurahan. Yaitu kelurahan yang akan menjadi sasaran penggabungan. Begitu sosialisasi berakhir, tim langsung membuat draf Ranperda tentang pembentukan kelurahan itu. Usai Pemilu 2014, lurahnya akan dilantik Walikota Payakumbuh.

 

Di Kecamatan Payakumbuh Barat yang menjadi sasaran sosialisasi, kelurahan-kelurahan Padang Tinggi, Piliang, Parik Rantang, Parak Batuang, Nunang dan Daya Bangun. Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, kelurahan-kelurahan Kapalo Koto, Ampangan, Limo Kampuang dan Koto Tuo.

 

Berikutnya, di Kecamatan Payakumbuh Utara, kelurahan-kelurahan Talawi, Balai Batuang, Tanjung Anau, Taruko, Pasia, Muaro, Koto Baru, Bunian, Balai Baru, Tarok, Padang Kaduduak, Cubadak Aia dan Napa. Di Kecamatan Payakumbuh Timur, meliputi kelurahan-kelurahan Padang Tiaka Hilir, Padang Tiaka Mudik, Sicincin Hilia, Sicincin Mudiak, Bodi, Padang Alai, Balai Jariang, Balai Batimah, Balai nan Tuo, Ranah dan Koto Baru Payobasuang.

Menyangkut nama kelurahan, menurut Yoherman, akan dimintakan masukan warga setempat. “Kita menunggu keinginan warga, mana nama yang cocok, sesuai dengan sejarah kelurahan dimaksud,” simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -